Kamis, 28 Mei 2015

Nama : Nauva Astarina
Nim : 1402055082





         

Pemuda perantau asli Jawa Timur yang memiliki usaha dagang di Kalimantan sudah cukup sangat sukses, karena akalnya untuk membuat angkringan yang lumayan terkenal dan ramai di jl. Perjuangan, Samarinda. Hari ini saya akan sedikit mengupas cerita tentang Pemuda perantau ini.

Saya                :  Siapa nama lengkap, mas?

Narasumber     :  Koko Ramadani mba, panggil aja Mas Koko.

Saya                :  Asal darimana ini, mas?

Narasumber     :  Jawa Timur mba.

Saya                :  Sekarang tinggal dimana mas?

Narasumber     : Saya tinggal di Loa Janan mba, saya ngontrak.

Saya                : Apakah mas seorang Perantau?

Narasumber     : Iya mba. Di sini saya ngerantau sendirian.

 Saya                : Mengapa mas memilih Kalimantan untuk di rantau, dan buka usaha dagang di sini?

Narasumber     : Saya dulu di ajak oleh teman mba, di sini merantau sendirian. Saya dulu di Jawa
           pengangguran lalu saya diajak usaha kuliner oleh teman saya, kemudian saya mengajak
teman-teman saya yang pengangguran di Jawa untuk kerja dengan saya di sini.

Saya                : Mengapa mas memilih usaha kuliner ? kenapa tidak usaha lain?

Narasumber     : Awalnya dari pergaulan mba, pergaulan saya kan orang-orang yang baik, terus orang-orang itu seumuran dengan saya dan mereka semua sudah punya usaha masing-masing. Jadi dulu saya setiap hari apa gitu sering ngumpul, ngumpul bahas tentang usaha-usaha yah seperti kaki lima.

Saya                : Sejak kapan mas memulai usaha dan sejak kapan angkringan ini mas bangun?

Narasumber     : Saya usaha mulai 2011, kalau di angkringan sini saya baru 3 bulan mba.

Saya                : Lalu, di sini mas nyewa?

Narasumber     : Iya mba sementara di sini saya menyewa tempatnya saja.

Saya                : Selain usaha Angkringan ada tidak usaha lain mas?

Narasumber     : Wah ada mba, Gorengan dan Lalapan di Loa Janan.

Saya                : Berapakah modal yang mas butuhkan ketika memulai usaha?
 
Narasumber     : Modal awal saya buka usaha itu Rp. 4.000.000,00-. Itu saya dapat dari uang arisan mba. kemudian saya fikir-fikir uang ini supaya ke depannya bisa terus berkembang. Saya terinspirasi buka usaha angkringan di sini dari teman-teman mba.

Saya                : Apakah Suka duka yang mas alami ketika dagang apa mas?

Narasumber     : Suka dukanya itu yang pertama saingan mba, yang kedua omset, ketiga anak buah yang
                           kadang ada yang betah dan tidak betah bekerja.

Saya                : Bagaimana dengan pembagian hasil mas?

Narasumber     : Kalau masalah gaji saya perbulan mba.

Saya                : Berapakah penghasilan setiap malam berapa mas di angkringan sini?

Narasumber     : Oh kalau itu tidak menentu mba, kadang Rp. 800.000,00 mba. tergantung harinya.

Saya                : Apakah ke depannya mas ada keinginan buka usaha lain? atau tetap usaha seperti ini?

Narasumber     : Iya ada mba. tetapi tetap di usaha kuliner, insaallah kalau modalnya sudah kembali dan terkumpul saya ingin mengembangkan usaha kuliner ini, gimana caranya supaya lebih ramai mba.

Saya                : Jadi begitu, mungkin itu saja wawancara saya mas. Terimakasih atas waktunya masJ

Narasumber     : iya mba sama-sama, sukses ya.

Keberhasilan seseorang tidak mengenal usia. Asalkan ada niat dan usaha, semua orang pasti bisa. Seorang perantu saja bisa merubah nasibnya dengan usaha kuliner di Kalimantan, mengapa kita sebagai tuan rumah asli Kalimantan kita tidak bisa seperti Mas Koko?. Di usianya yang kurang lebih 23 tahun sudah bisa membangun 3 usaha kuliner sekaligus membuat saya sedikit iri, karena usia muda sudah bisa mandiri dan menikmati hasil dari usaha dagang kuliner ini.

Nama : Nauva Astarina
Nim : 1402055082
Nama : Nauva Astarina
Nim : 1402055082
Nama : Nauva Astarina
Nim : 1402055082
Nama : Nauva Astarina
Nim : 1402055082