Rabu, 03 Juni 2015

Nama :  ZULFIKRI ZAKY AFIF
Nim     : 1402055149



WAWANCARA PEDAGANG ICE LEMON TEA DI JL. PERJUANGAN


Kali ini saya akan mewawancarai pedagang ice lemon tea yang ada di jl. perjuangan samarinda kebetulan saya sering sekali beli ice lemon tea ini. Berikut langsung saja membaca wawancara saya dengan pedagang ini,

Zulfikri            : permisi bu, maaf mengganggu boleh minta waktunya sebentar?

Penjual            : iya boleh mas ada yang bisa saya bantu?

Zulfikri            : begini bu saya ingin mewawancarai tentang dagangan ice lemon tea ibu, apakah ibu bersedia
  Saya wawancarai?

Penjual            : silahkan saja mas,

Zulfikri            : kalo boleh tau ini dengan ibu siapa?

Penjual            : nama saya Rusmiati,

Zulfikri            : kapan ibu memulai usaha menjual ice lemon tea ini?

Penjual            : saya memulai usaha menjual ice lemon tea ini baru 6 bulan yang lalu mas

Zulfikri            : apakah ini pertama kalinya ibu berjualan minuman, atau sebelumnya pernah mempunyai
  Usaha lain?

Penjual            : tidak mas, saya dulu pernah memulai usaha berjualan gorengan, ini bukan pertama kalinya
 Saya berdagang ?

Zulfikri            : mengapa ibu tertarik berjualan minuman ice lemon tea ini di daerah kampus?


Penjual            : saya sangat tertarik berjualan minuman di daerah kampus, karena daerahnya rame tidak
seperti daerah saya berjualan gorengan dulu sangat sepi mas, jadi omset saya kurang sekali
sewaktu saya berjualan gorengan.

Zulfikri            : kalo saya boleh tau, omset perhari  dan untung yang bisa ibu dapatkan setiap harinya berapa
  Bu??

Penjual            : omset perhari yang saya bisa dapatkan sekitar 500rb kalo lagi rame yang beli mas, 500rb itu
  Masih di potong lagi buat modal besok saya berjualan sekitar 300rb, jadi untung saya hanya
  200rb perhari, kalo lagi sepi omsetnya menurun bisa cuman dapat 400rb saja,

Zulfikri            : apa saja sih bu bahan-bahan membuat ice lemon tea ini? Apakah ada varian rasa yang lain
  Selain ice lemon tea ini?

Penjual : bahan bahannya lumayan banyak mas seperti, lemon tea bubuk, ice batu, air masak, dan bubuk
             Instan rasa yang lainnya, saya tidak hanya menjual ice lemon tea saja tetapi ada rasa lainnya ko,
Seperti , anggur tea, jasmine tea, milk tea, cappuccino ice dan milo ice.

Zulfikri            : oh begitu ya bu, kalo saya boleh tau lagi , minuman yang paling laris orang orang beli yang      mana ya bu, dan berapa harga pergelasnya?

Penjual            : biasanya orang banyak suka yang rasa tea lemon dan anggur tea mas, alas an mereka suka
  Dengan rasa itu karna segar dan cocok banget buat cuaca di samarinda yang panas seperti ini
  Harga pergelasnya 8.000 rupiah untuk gelas yang ukuran jumbo, sedangkan yang ukuran
  Kecil harganya hanya 5.000 rupiah saja.

Zulfikri            : apakah ibu berjualan sendiri saja ? dan jam berapa biasa ibu mulai berjualan?

Penjual            : biasanya ada anak saya yang membantu berjualan, saya buka dari jam 10 pagi sampai malam
  Biasanya sekitar jam 9 an saya mulai tutup, saya menjaga stand ini mulai jam 10 pagi sampai jam 3 sore, sisanya anak saya yang menjaga dan saya istirahat, kebetulan anak saya masih sekolah
Di SMA jadi hanya bisa membantu saya sepulang dia sekolah mas.

Zulfikri  : oh begitu ya bu, terimakasih bu atas waktunya , maaf jika saya menganggu waktu ibu.

Penjual : terimkasih juga mas.