Senin, 01 Juni 2015




Moch Ibrahim
NIM     : 1402055074



INOVASI GEROBAK SOP BUAH SURGA 99

Gerobak adalah sarana bagi para pedagang untuk untuk berdagang atau berjualan setiap harinya. Pada umumnya gerobak hanya berbentuk persegi dan sederhana, namun kini seiring perkembangan zaman banyak para pedagang yang berinovasi dengan gerobaknya dengan berbagai macam bentuk dan konsep sesuai dengan barang yang dijualnya.







Wartawan       : “selamat pagi pak, maaf mengganggu, bisa saya minta waktunya sebentar
                         untuk wawancara?”
Darmansyah    : “iya bisa, silahkan.”
Wartawan       : “bisa saya tahu nama Bapak siapa?.”
Darmansyah    : “Nama saya Darmansyah.”
Wartawan       : “Tempat tanggal lahir Bapak dimana?.”
Darmansyah    : “Tempat tanggal lahir saya di Sesulu, 22 angustus 1988.”
Wartawan           : “Bapak tinggal dimana?.”
Darmansyah       : “Saya tinggal dijalan srikaya no.6 Juanda”
Wartawan       : “Sejak kapan Bapak berjualan sop buah?.”
Darmansyah    : “Saya berjualan sop buah sejak tahun 2012.”
Wartawan       : “Memulai persiapan untuk berjualan sejak jam berapa?”
Darmansyah    : “Persiapnnya itu mulai pukul 06.30 WITA saya belanja dipasar, dan mulai
                         berjualan pada bukul 09.00 – 17.00 WITA.”
Wartawan       : “Gerobak yang Bapak gunakan ini bapak buat sendiri atau dibuatkan?.”
Darmansyah    : “kalau gerobak saya pesan dengan teman, tapi dari segi desain saya desain
                         sendiri.”
Wartawan       : “Dari desainnya sendiri, Bapak terinspirasi dari mana?.”
Darmansyah    : “Saya awalnya berjualan sop buah dengan gerobak biasa, dari situ saya berpikir
                         bagaimana membuat gerobak yang unik, dari segi konsep saya searching digoole
                         disitu saya melihat gerobak pizza, dari situlah saya terinspirasi untuk membuat
                         gerobak seperti itu dengan model dan kombinasi warna yang sedikit berbeda.”
Wartawan       : “Berapa biaya yang Bapak keluarkan untuk membuat gerobak?,” “Dan berapa
                         modal awal untuk berjualan sop buah?”
Darmansyah    : “Modal awal yang saya keluarkan untuk membuat gerobaknya saya
                         Menghabiskan biaya Rp 4.000.000,- dan untuk modal keseluruhan itu sekitar
                         Rp 6.000.000,-”
Wartawan       : “Berapa omset yang Bapak dapatkan setiap bulannya?”
Darmansyah    : “Kalau dari segi pendapatan yang saya terima setiap bulannya itu antara 2 juta
                         Sampai 2,5 juta.”
Wawancara ini dilakukan di “cafe Mahasiswa” tempat Bapak Darmansyah berjualan. Wawancara ini dilakukan pada hari jum’at, 27 maret 2015 pukul 10.00 WITA.