Rabu, 03 Juni 2015

Ananda Fardina
1402055123



WAWANCARA DENGAN PEDAGANG KAKI LIMA

      


Mas Andhika Widyadama (26) adalah salah satu pedagang yang berjualan di Jln. Pramuka, Andhika memilih berjualan roti mantou karena beberapa saat ini mantou banyak digemari oleh dari semua kalangan, dengan varian isi mantou seperti coklat, keju, daging sapi dan daging ayam. Ketika saya bertanya mengapa Mas Andhika memilih profesi ini, ia mengatakan ini profesi sampingan yang lumayan mendapatkan penghasilan lebih, selain itu bahan baku yang harus dibeli dan diperoleh tidak sulit dan tidak merepot.

Demikianlah hasil wawancara saya dengan Mas Andhika :

N : Nanda
A : Andhika

N : “Mas kenapa memilih jualan mantou di daerah pramuka ?”
A : “Karena, disekitar pramuka sini belum ada yang berjualan mantou seperti ini dan tempat nya strategis banyak di lalui orang”
N : “Mas kenapa memilih berjualan mantou ?”
A : “Karena banyak digemari semua kalangan dan bahan baku yang harus dibeli dan diperoleh tidak sulit dan tidak merepot”
N : “Sejak kapan Mas berjualan mantou ini disini ?”
A : “Mulai dari 3 bulan yang lalu “
N : “Berapakah modal awal Mas memulai usaha ini ?”
A : “Awalnya itu sekitar 5 juta”
N : “Berapa penghasilan Mas dalam sebulan ?”
A : “Ya kadang-kadang sekitar 2 juta / bulan”
N : “Pada hari apa saja Mas berjualan disini ?”
A : “Setiap hari kecuali malam minggu”
N : “Apakah memang ini kerjaan utama nya Mas ?”
A : “Tidak, ini hanya perkerjaan sampingan saya mengisi waktu luwang”
N : “Apa Mas memiliki karyawan ?”
A : “iya saya meililki 1 karyawan”
N : “Suka dukanya dari berjualan ini apa Mas ?”
A : “Sukanya kalau lagi laris, saya senang soalnya kan bisa dapat penghasilan lebih, dukanya disaat hujan deras kawasan pramuka ini banjir jadi saya tidak bisa berjualan.”

Demikianlah hasil wawancara saya dengan Mas Andhika karena banyak sekali yang membeli Mantou Mas Andhika sehingga saya hanya mendapatkan sedikit waktu untuk melakukan wawancara dengan Mas Andhika.