Rabu, 03 Juni 2015



Nama    : Dewi Desyanti
Nim        : 1402055167



Nara sumber   : Ibu Ngarini
Wartawan        : Dewy
Tempat      : jalan pramuka 5
Angel    : bisnis

Tekad dan Usaha Seorang Ibu Ngarini


Jumat, 27 maret 2015, Ibu Ngarini seorang ibu rumah tangga yang membuka usaha rumah makan sederhana disekitar jalan pramuka5.Beliaumemiliki 2 orang anakperempuandankeduaanaknyatersebutkinitengahduduk di bangku SMA dan yang bungsuberada di bangku SMP.

Dewy    : selamat sore bu, maaf menggangu waktunya sebentar.
Ibu Rini : iya dek, ada yang bisa dibantu?
Dewy    : saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan apakah ibu tidak keberatan?
Ibu Rini : ah, iya silahkan.
Dewy    : siapa nama lengkap ibu dan berapa usia ibu?
Ibu Rini : nama saya Ngarini, dan tahun ini usia saya 43 tahun.
Dewy    : sudah berapa  lama ibu berjualan disini?
Ibu Rini : kurang lebih sudah 7 tahunan.
Dewy    : apa saja yang ibu jual?
Ibu Rini : tidak banyak hanya ada bakso, soto, nasi campur, dan nasi kuning.
Dewy    : berapa modal awal ibu berjualan?
Ibu Rini  : modal awal saya Rp. 300.000,00 dan itu juga termasuk uang sewa warungnya.
Dewy    : berapa pendapatan ibu perhariannya?
Ibu Rini  : lumayanlah, sekarang pendapatan hariannya bisa sampai Rp. 400.000,00, itu sudah bersihnya.
Dewy    : dari hasil berjualan apakah sudah bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari?
Ibu Rini  : allhamdulillah, dan insya allah semoga untuk seterusnya akan tetap bisa mencukupi.
Dewy    : sekarang ini kan sudah semakin banyak warung-warung baru yang dibuka, apa ibu tidak merasa tersaingi?
Ibu Rini : yang namanya orang jualan pasti pernah merasa iri saat melihat warung yang lain lebih ramai  dari punya sendiri, tapi saya percaya saja dengan masakan saya.
Dewy    : lalu apa yang memotifasi ibu untuk tetap berjualan?
Ibu Rini : dulu saya sempat berhenti berjualan, tapi karena suami saya sakit dan tidak bisa mencari nafkah jadi saya mau tidak mau kembali berjualan, karena semakin banyaknya kebutuhan. Jadi bisa dikatakan motifasi terbesar saya adalah untuk memenuhi kebutuhan keluarga.
Dewy    : apa suka duka ibu selama berjualan?
Ibu Rini: sukanya itu tiap kali jualan saya laris dan dukanya itu, disaat saya harus berjualan sendiri saat sedang banyak pengunjung, tapi terkadang anak saya akan membantu berjualan setelah mereka pulang sekolah hingga malam.
Dewy    : adakah hal-hal yang menjadi halangan untuk ibu selama berjualan disini?
Ibu Rini  : kalo yang namanya halangan yang sepeti itu hampir tidak ada ya, cuman yang cukup memberatkan itu saat harga bahan-bahan pokok untuk berjualan pada naik, saya jadi binggung antara menaikan harga atau tidak, karena pelanggan yang datang kesini rata-rata adalah pelanggan tetap dan para mahasiswa.
Dewy    : apakah ibu memiliki keingginan untuk mengembangkan usaha ibu?
Ibu Rini : pastinya seperti itu, untuk kedepannya saya ingin usaha kecil-kecilan saya ini akan berkembang semakin maju.
Dewy    : lalu apa yang akan ibu lakukan untuk mengembangkan usaha ibu?
Ibu Rini   : mungkin dengan menambah beberapa-beberapa menu baru, seperti gado-gado, ayam penyet atau yang lainnya.
Dewy    : terima kasih atas waktunya dan selamat sore ibu.
Ibu Rini : iya sama-sama, selamat sore.