Kamis, 04 Juni 2015



Nama : Andi Ramadani
Nim : 1402055159





Wawancara

Ketekunan seorang penjual bubur kacang ijo

Pak Syaiful adalah seorang penjual bubur kacang ijo yang berumur 36 tahun. Pak Syaiful memiliki satu istri dan dua orang anak yang berada di Surabaya Jawa Timur. Sekarang pak Syaiful tinggal sendiri di jalan Dr. Sutomo dan setiap hari dari pagi hingga sore hari menjajalkan bubur kacang ijo dengan berkeliling ke kompleks - kompleks perumahan dan saat libur pak Syaiful berada di sekitar kampus unmul.

Tanya jawab:

Saya                : apa yang membuat bapak membuka usaha bubur kacang ijo ini ?

Pak Syaiful      : ya karena apa,,,usaha sendiri kan istilahnya tidak ikut orang lain.

Saya                : kapan bapak membuka usaha bubur kacang ijo ini ?

Pak Syaiful      : sudah tiga tahun yang lalu.

Saya                : Berapa modal awal yang bapak keluarkan saat pertama kali membuka                                            usaha ?

Pak Syaiful      :Sekitar 250 ribu.

Saya                : berapa untung penjualan per hari ?

Pak Syaiful      : per hari kalau habis ya 130 - 150 ribu.

Saya                : pendapatan tersebut bersih atau masih sama modal ?

Pak Syaiful      : bersihnya itu, udah di ambil modal.

Saya                : apakah hasil perhari itu cukup untuk makan ?

Pak Syaiful      : sangat cukup, bisa nabung sedikit-sedikit.

Saya                : mengapa bapak tidak membuka usaha lain yang untungnya besar pak ?

Pak Syaiful      : saya tidak punya keahlian.

Saya                : bagaimana tips agar bisa terus tekun dalam berdagang pak ?

Pak Syaiful      : sabar, tekun, ulet.