Kamis, 28 Mei 2015



Nama  : Ibnu Mubarak
NIM    : 1402055086


SEPULUH TAHUN SUDAH KU BERJALAN DENGAN GEROBAK TUAKU INI

Singsing mentari yang semakin meredup, seakan memberi isyarat kepada seorang bapak yang berbaju putih dan memakai topi ini untuk melakukan aktivitasnya sebagai seorang kepala keluarga, Dia juga bekerja sebagai penjual bakso keliling danlahir di Jawa Barat, yang biasa di panggil Bapak Ari (40) tahun. Bapak kepala keluarga ini memiliki tiga anak yang keseluruhannya laki-laki adalah sosok bapak yang cukup rajin dan telaten. Dalam menjalankan kesahariannya sebagai kepala keluarga dan juga jualan bakso keliling, bapak Ari telah menekuni pekerjaannya ini selama kurang lebih sepuluh tahun. Selama sepuluh tahun ini suka-duka telah dilaluinya.ia memulai pekerjaannya setiap harimya dari pukul lima sore sampai sepuluh malam.

Bapak Ari bukanlah sorang kepala rumah tangga yang lemah, meski pun tergolong menengah bawah. Malahan hal itu yang memotifasinya untuk terus berjuang demi mencukupi kebutuhan keluarga. “ ya... untuk mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga,” jawabnya ketika ditanya mengapa ia memilih bekerja sebagai penjual bakso keliling. Tidak lepas pula bimbingan dari orang tuanya yang sejak kecil menanamkan sifat rajin bekerja. “sudah kebiasaan dari kecil, nggak enak rasanya kalo dirumah aja nggak ada kerjaan,” tuturnya sambil tersenyum bangga yang menggambarkan ke uletan nya dalam bekerja.

 Bapak Ari bertekad untuk mendidik anak dengan sekolah yang tinggi. Dan tekad itu bapak bidangidari profesi sebagai bakso keliling. Memilih untuk menjadi pekerja bakso keliling, karena untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Semangat dan harapan bapak Ari begitu mulia. “Semoga cita-citamu tercapai ya nak,” tutupnya usai bincang-bincang di depan kost saya pada malam itu.