Rabu, 03 Juni 2015

Nama :Ekki Gusti Prasetya

Nim :1402055155


RESENSI FILM “ALL THE PRESIDENT’S MEN”

 
Sutradara : Alan J. Pakula
Pemeran : Robert Redford, Dustin Hoffman, Jason Robards
Durasi : 138 Menit
Rilis : 1976
Genre : Drama, history, mystery

Film ini menceritakan suatu kisah nyata yang benar-benar terjadi pada tahun 70’ an yang menceritakan bagaimana  dua orang wartawan di media The Washington Post, berjuang keras /memperjuangkan kebenaran pada kasus korupsi. Wartawan tersebut bernama  Bob Woodward dan Carl Bernstein. Film ini bermula dari kasus pencurian, dan penyadapan di salah satu markas milik Partai Nasional Demokrat, Watergate. Bob dan Carl mencari informasi  menyelidiki kasus korupsi Watergate serta mencari orang-orang yang terlibat melakukan investigasi pada kasus Watergate, tidak mudah mendapatkan informasi bagi mereka beruda dikarenakan banyak kendala, dan tidak  mudah membuat narasumber untuk mengakui siapa-siapa saja yang terlibat  dalam kasus Watergate, tidak mudah bagi mereka berdua untuk membongkar dokumen, menelepon nomor yang dianggap bisa memberikan informasi, serta membongkar kartu perpustakaan untuk menemukan data yang akurat. Pada kenyataanya melibatkan orang nomor satu di negara adikuasa ini yaitu Presiden Richard Nixon terbukti terlibat.  Kemudian pemberitaan yang ditulis oleh Bob Woodward dan Carl Bernstien mengakibatkan  pengunduran diri  Nixon, sehingga Nixon lengser dari kursi kepresidenan.
Film All The President’s Men ini merupakan film yang sangat bagus menurut saya, karena dengan menonton film ini kita dapat mengetahui bagaimana pekerjaan sehari-hari seorang wartawan dalam memburu berita,tidak instan. Dibutuhkan data yang sangat akurat serta sumber yang berpengaruh dalam berita.
Bob Woodward dan Carl Bernstein sangat mahir menampilkan aksi kewartawanan yang tinggi, yaitu investigasi. Mereka melakukan investigasi sangat detail dan seakan tidak menyerah untuk menguak kasus ini. Bukan lagi wartawan, mereka sudah seperti detektif.
Kekurangan dari film ini ialah lebih banyak untuk orang awam, mungkin mereka agak berat untuk meresapi film ini dikarenakan terlalu banyak nama tokoh yang disebutkan sehingga menjadi bingung serta tidak focus dengan isi cerita. Saya pun sempat merasakan hal itu ketika menonton film ini. Karena sebelumnya saya tidak tahu dengan kasus ini, jadi sedikit sulit bagi saya untuk menangkap inti cerita. Dalam kenyataanya pun tokoh atau pelaku yang terlibat sangat banyak. Hal ini cukup penting dilakukan agar penonton memahami film dan realita sebenarnya tentang skandal Waterate. Tapi secara umum All The President’s Men merupakan tontonan serius yang menghibur.