Selasa, 02 Juni 2015

Nama : Atikah Widyanisa
NIM : 1402055130

Resensi film “All The President Men”

Sutradara            : Alan J. Pakula
Produser             : Walter Coblenz
Tokoh                   : Jack Warden, Hal Holbrook, Jane Alexander, Martin Balsam, Dustin Hoffman, Robert
  Redford, Jason Robards
Liris                        : 9 April 1976
Durasi                   : 138 menit

Sinopsis :
                Film ini menceritakan tentang perjuangan wartawan sejati dimana seorang wartawan dari Washington Pos bernama Bob Woodward yang ingin mengangkat kasus pencurian Watergerte yang melibatkan orang dalam atau mantan petinggi-petinggi Presiden Richard Nixon. Dalam kasus ini tertangkap lima orang tersangka yang terlibat dalam kegiatan CIA, salah satunya bernama Mr. Charles Colson yang dulunya bekerja sebagai seorang konsultan gedung putih dan juga seorang agen CIA. Lima orang tersangka ini dibawa ke pengadilan untuk dimintai keterangan tentang apa yang mereka lakukan, mendengar itu semua Woodward segera pergi ke pengadilan untuk melihat langsung apa yang terjadi di ruang sidang tersebut. Di ruang ini dia bertemu seorang saksi dan segera menanyakan informasi tentang kasus yang terjadi. Tapi sayangnya saksi tersebut tidak mau memberitahu informasi apapun kepada Woodwart dan malah menghindar. Dia segera pergi ke kantor dan mempresentasikan kepada pimpinan redaksi tapi karena informasi yang dia dapatkan tidak cukup kuat, orang-orang disekitar tempat kerja nya pun meremehkan apa yang di presentasikannya serta terkena ancaman akan dipecat.
                Tidak menyerah, Woodward tetap mencari informasi tentang kasus itu. Setiap hari dia menghubungi orang-orang yang mereka kenal untuk dimintai keterangan tapi tak seorangpun yang mau memberikan informasi secara jelas. Sampai saatnya Woodward menemui rekan kerja nya yang pernah berhubungan dengan salah satu tersangka. Ia meminta perempuan ini untuk dimintai keterangan, awalnya perempuan ini menolak namun akhirnya ia mau memberikan informasi tentang data gedung putih. Dari data inilah Woodward dan rekan kerja nya menyelidiki kasus yang sedang terjadi satu persatu dari daftar nama mereka hubungi dan mereka datangi namun semuanya menolak untuk dimintai keterangan karena beberapa hari mereka tidak percaya bahwa Woodward dan Carl adalah wartawan dari Washington Post. Beberapa hari kemudian, Carl membawa bukti yang ia dapat kepada Woodward disini lah mereka mulai menulis setelah bukti benar-benar jelas dan mereka langsung menerbitkan berita ini di Washington Post. Akhirnya terungkap sudah kasus ini dengan fakta yang sebenar-benarnya yang ternyata presiden  Richart Nixon melakukan korupsi di negaranya.

v  Kekurangan film:
Film ini terlalu banyak tokohnya, sehingga membuat bingung jalan ceritanya, dan tidak cukup jelas alur ceritanya. Dengan banyak nya tokoh kita harus mengulang film ini beberapa kali agar dapat mengertinya. Film ini juga membosankan dan tidak mudah untuk mengertinya.

v  Kelebihan film:
Film ini sangat menginspirasi orang-orang yang mau menjadi wartawan. Selain itu film ini dapat membuat suatu komunitas pers dapat semakin menebalkan kejurnalistikannya sebelum benar-benar akan terjun di dunia media.