Jumat, 05 Juni 2015



Nama : Debora Irene Simatupang
NIM : 1402055093



Dari Usia Muda Bisa Menjadi Pengusaha


Pria yang memiliki wajah babyface dan berkacamata bulat ini merupakan seorang  pemimpin dibidang penjualan komputer dan service di toko Java Komputer yang berada di jalan Hidayatulah no. 14 Samarinda.  Walaupun dari lulusan program studi accounting di salah satu universitas Surabaya dan sebelumnya tidak mengerti tentang usaha dibidang komputer, Hendri Sugianto (27 tahun) memiliki berbagai cara untuk mempelajari bidang yang akan dijalankannya itu. Anak kedua dari empat bersaudara ini sudah melanjutkan usaha kakaknya dibidang penjualan komputer dan service sekitar tiga tahun.
Pria muda yang biasa dipanggil dengan sebutan ko Een ini merintis usaha dalam bidang penjualan komputer dan service sejak usia mudanya, yaitu pada umur 24 tahun. Ia memutuskan pindah ke Samarinda untuk menghandle usaha milik  saudaranya tersebut, karena saudara dari ko een tersebut memiliki kesibukan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS),  dengan bekerja sebagai dosen. Karena tahu akan menghandle usaha milik kakaknya, ko Een bekerja di Konsultan Perpajakan di bidang distributor alat komputer tetapi masih dibagian pembukuan (accounting) selama dua tahun, dan dengan belajar melalui media media sosial yang ada, seperti melihat video tutorial di youtube, ko Een juga mencari informasi dengan bertanya kepada orang-orang yang mengerti dalam bidang komputer.
“Proses yang dialami selama menjalankan usaha dibidang komputer sangat banyak, karena banyak toko-toko yang menggeluti dibidang usaha tersebut dan pesaing-pesaing yang mempunyai modal yang cukup besar untuk memperbesar usaha toko komputer mereka, pemain lama yang sudah ada nama terntunya. Namun setelah dijalani, saya mengerti dalam dunia usaha itu ada namanya peluang dalam arti bagaimana kita menyempurnakan bisnis, persaingan boleh ketat tapi bagaimana kita mencari cela-cela peluang yang orang lain belum lihat sama sekali. Nomor satu dalam berbisnis adalah pintar-pintar memotivasi diri kita,” ucap ko Een.
Toko Java Komputer yang dipimpin oleh ko Een ini setiap harinya memiliki pelanggan yang cukup banyak dengan berbagai keperluan, seperti service laptop, fotocopy, jilid ataupun membeli peralatan komputer, yang pastinya barang-barang yang dimiliki original dan dengan pelayanan yang terbaik diberikan kepada pelanggan.
”Dalam dunia bisnis saya merasakan suka-duka. Kesukaan yang saya dapat rasakan yaitu dalam berbisnis kita dilatih untuk lebih teliti, belajar menganalisa, kita dituntut harus improve (meningkatkan kemampuan). Dulu saya tidak mengerti tentang komputer, saat menjalankan usaha tersebut saya berpikir kalau saya harus improve, saya harus tahu segalanya tentang komputer, service komputer, teknisi. Kesukaan yang kedua adalah ketika saya bertemu dengan banyak orang, semakin banyak kita bertemu banyak orang, maka semakin luas wawasan yang kita miliki, kita bertemu dengan berbagai pemikirian dan dari pengalaman yang berbeda juga, kita jadi lebih kaya pengalaman, ” ucap ko Een dengan penuh semangat.
Cara yang dimiliki ko Een dalam merekrut karyawan ialah dengan melihat skill calon karyawan, melihat hasil kerja mereka selama beberapa bulan dan pastinya ko Een merekrut orang-orang terdekatnya yang dapat dipercaya dan memiliki tanggung jawab dalam bekerja.


“Bagi anak-anak muda atau yang masih kuliah walaupun belum bekerja, kalian harus bisa memanfaatkan waktu dengan baik, buat taget dalam diri kalian untuk meningkatkan kemampuan kalian dibidang apapun, kalian harus memiliki visi misi, karena orang yang tidak memiliki tujuan itu tidak akan kemana-mana. Kalian harus mempunyai komunitas yang tepat untuk memotivasi kalian untuk maju. Dulu saya awal usaha ini sangat berat, tetapi saya bertanya kemana rekan-rekan bisnis, saya mendapat motivasi dari mereka sehingga saya tidak merasa putus asa,” pesan ko Een kepada orang muda di luar sana.