Rabu, 03 Juni 2015



Nama : Winarsih
Nim    : 1402055158

 


Ibu penjual sayur keliling


Minggu 29 maret 2015 pukul 07.30 wita. Saya mewawancarai seorang ibu penjual sayur bernama  Ramidah. Setiap hari ibu Ramidah berjualan sayur menggunakan sepeda motor Honda Revo miliknya. Kegiatan ini telah ditekuninya sudah sekitar  5 tahun yang lalu. Sambil menunggu pembeli berdatangan Saya mulai mewawancarai Ibu Ramidah.










Berikut hasil wawancara saya dengan ibu Rumidah
Permisi bu, maaf jika saya mengganggu waktu Ibu sebentar. Apakah saya boleh mewawancarai Ibu ?
Oh iya nak. Wawancara apa ?
 Begini Bu, Saya punya tugas wawancara. Jadi, saya mau mewawancarai ibu.  Apakah  Ibu bersedia ?
Oh iya nak. Tapi sebentar saja ya.
Terima kasih Bu sebelumnya. Siapakah nama lengkap Ibu ?
Nama saya Ramidah tapi biasa di panggil Bu Ida.
Apakah Ibu berjualan sayur seperti ini setiap hari ?
Iya nak, Saya berjualan setiap hari.
Dari rumah Ibu berangkat jam berapa dan kembalinya jam berapa ?
Jam 06.30 saya sudah berangkat dari rumah. Kembalinya jam 09 lebih atau jam 10
Bagaimana asalnya Ibu berjualan menggunakan motor ?
Dulu saya berjualan biasa di pasar Segiri tapi karena banyaknya persaingan, saya berinisiatif berjualan sayur keliling menggunakan motor.
Apakah Ibu berjualan sayur keliling hanya di Pramuka ?
Banyak nak, bukan Cuma di Pramuka ini saja. Di Suandi juga.
Darimanakah Ibu mendapatkan bahan Jualan ?
Saya membeli bahan sayur dan ikan di pasar segiri kecuali yang kue – kue saya buat sendiri.
Berapakah keuntungan sayur dan ikan yang Ibu jual  ?
Saya menjual sayur dan ikan Cuma lebih Rp. 1000 dari yang saya beli di pasar Segiri.
Jika saya boleh tahu, berapa keuntungan Ibu jualan perhari ?
Sehari sekitar Rp. 300.000,-
Berapakah modal Ibu untuk membeli bahan perhari ?
Sehari sekitar Rp 100.000,- lebih. Saya setiap harinya tidak terlalu membeli banyak bahan. Saya hanya membeli bahan yang sudah habis atau bahan yang tidak layak saya jual.
Selama Ibu berjualan menggunakan motor, apakah pernah terjadi hal – hal yang tidak di inginkan ?
Alhamdulillah selama ini saya berjualan tidak pernah terjadi hal – hal yang tidak saya inginkan.
Apakah pendapatan Ibu mencukupi untuk Kebutuhan keluarga Ibu ?
Sangat membantu nak, apalagi suami saya hanya seorang tukang bangunan.
Apakah ada anak Ibu yang bersekolah SMA ?
Iya, anak saya 3 orang. Satunya SMA, 2 orangnya SMP dan SD.
Apakah Ibu pernah merasa lelah berjualan keliling seperti ini ?
Merasa lelah pasti ada tapi saya bersyukur masih bisa bekerja menghasilkan uang seperti ini.

Berhubung pembeli sudah banyak yang berdatangan, pertanyaan terakhir saya Bu. Apa pesan – pesan Ibu untuk saya ?
Yah, rajin – rajin belajar.
Terima kasih banyak Ibu atas waktunya. Semoga dagangannya selalu laris yah Bu.
Iya sama – sama nak, terima kasih atas doanya.