Senin, 01 Juni 2015



NAMA           : LUCY HOU LISA
NIM                : 1402055144

MEWAWANCARAI PEDAGANG DISEKITAR UNMUL

Mencari Peruntungan Yang Lebih Baik




      
Eko, seorang pria yang nekat merantau ke Samarinda untuk mencari peruntungan yang lebih baik dengan bekerja sebagai penjual donat. Selain itu, pria yang berusia 21 tahun ini merupakan tulang punggung bagi keluarganya setelah ditinggal oleh ayahnya berpulang kepada sang haliq. Berikut percakapan saya dengan Eko :

Lucy : Permisi mas, bisa minta waktunya sebentar?
Eko  : Boleh mba, ada yang bisa saya bantu?
Lucy: Begini mas, saya sedang mendapatkan tugas dari dosen saya untuk mewawancarai pedagang disekitar unmul. Apakah mas bersedia untuk saya wawancarai?
Eko  : Boleh, silahkan mba.
Lucy : Sudah berapa lama mulai berjualan disini?
Eko  : Sudah sekitar satu setengah bulan
Lucy : Usaha ini apakah milik sendiri atau hanya menjalankan saja?
Eko  : Saya hanya menjalankan saja, usaha ini sebenarnya adalah milik pak Purnaldi. Jadi saya hanya menjalankan dari cabang beliau tersebut
Lucy : Sebelum bekerja dengan pak Purnaldi sebagai pedagang donat, mas ada ada bekerja dilain tempat?
Eko   : Dari awal saya dating ke Samarinda, saya memang sudah bekerja dengan pak Purnaldi, namun sebelumnya saya ditempatkan dicabangnya yang berada dijalan Pahlawan.
Lucy : Sudah berapa lama mas bekerja dengan pak Purnaldi?
Eko  : Sudah 4 tahun saya bekerja dengan beliau.
Lucy : Mulai buka dari jam berapa hingga jam berapa?
Eko  : Dari jam 09:00 hingga 21:00 dan itu bergantian jaga, pagi hari yang berjualan, seorang ibu-ibu. Saya mulai berjualan dari jam 16:00 hingga 21:00
Lucy : Omzet perharinya kira-kira berapa yang bisa mas dapatkan?
Eko  : Tidak tentu sih mbak, kalau lagi rame biasanya sehari bisa mencapai 1.200.000,00. Kalau lagi sepi biasanya hanya mencapai 600.000,00
Lucy : Sehari bisa menghabiskan berapa banyak adonan?
Eko  : Waktu pertamakali saya berjualan itu paling banyak mencapai 12 box adonan, kalau sekarang udh mulai agak sepi, jadi sudah jarang menghabiskan sebanyak 12 box adonan, sekarang hanya mencapai 6 sampai 9 box adonan.
Lucy : Pelanggan paling banyak dari kalangan mana sih mas?
Eko  : Paling banyak itu dari kalangan Mahasiswa mba.
Lucy : Ada berapa varian rasa donat yang mas jual?
Eko  : Ada 6, cokelat, strawberry, cappuccino, tiramisu, kacang, original
Lucy : Rasa apa saja yang paling digemari pelanggan?
Eko  : Rasa cokelat, cappuccino, dengan tiramisu
Lucy : Ada tidak, niat mas untuk mencoba membuka usaha sendiri?
Eko  : Ada sih mba, hanya saja saya masih belum memiliki modal untuk membuka usaha sendiri, saya  masih menabung untuk modal usaha.
Lucy : Baiklah mas, terima kasih atas waktu dan kerjasamanya, semoga daganggannya lancar dan semoga mas bisa cepat memiliki usaha sendiri. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih.
Eko  : Amin, sama-sama mba.