Rabu, 03 Juni 2015



Nama   : Dessy Nur Janah
NIM     : 1402055147


Judul Resensi  : Perjuangan Seorang Wartawan
Judul Film       : All The President’s Men
Sutradara         : Alan. J. Pakula
Produser          : Walter Coblenz
Gendre                        : Drama, Konflik, Politik, Sejarah
Durasi              : 2 jam, 18 menit, 17 detik
Main Cast        : Bob Woodward ( Robert Redford )
  Carl Bernstain ( Dustin Hoffman )

Synopsis :

Kisah ini menceritakan tentang seorang wartawan dari Washington Pos, yang bernama Bob Woodward yang ingin mengangkat kasus pencurian dan penyadapan dikantor pusat Partai Nasional Demokrat, di Watergate yang melibatkan para mantan petinggi dari pemerintahan presiden Richard Nixon. Dalam kasus ini tertanggap 5 orang tersangka yang juga terlibat dalam kegiatan CIA, salah satunya bernama Mr. Charles Colson yang dulunya bekerja sebagai seorang konsultan Gedung Putih dan ia juga seorang penulis dan agen dari CIA. Para tersangka ini langsung dibawa kepengadilan utnutk dimintai keterangan, mendengar itu Woodward pergi ke pengadilan untuk melihat yang terjadi didalam ruangan sidang. Diruangan ia bertemu dengan seorang saksi yang dihadirkan. Lalu ia bertanya informasi mengenai skandal Watergate ini, tetapi saksi menghindarinya dan memuntanya untuk tidak meliput kasus unu. Dengan bukti yang tidak banyak ia memilih kembali ke kantor dan melaporkan hasil yang didapatnya, tetapi ia malah mendapatkan ocehan dan diancam akan dipecat dari Washington Pos.
Woodward yang baru bekerja sembilan bulan ini selalu dianggap remeh oleh orang-orang di tempat kerjanya. Dari situlah ia mulai berambisi untuk memecahakan kasus ini, ia mulai menulis data yang ia dapat dan meletakkannya pada meja salah satu staf dan seorang wartawan juga mengambil tulisannya itu dan hal itu terus berulang kali terjadi. Lalu ia menghampiri dan menanyakan apa masudanya, Carl Bernstain adalah seorang wartawan yang sudah lama berkerja dikantor itu dan ia menjawab sekaligus baertanya pada Woodward apa yang ia ketahui mengenai kasus ini. Setelah ia memberi tahu apa saja yang ia ketahui akhirnya mereka bersama-sama memecahkan kasus ini, Carl juga diberikan tugas untuk kasus ini.
Setiap hasilnya mereka mencari informasi dan mengumpulkan data, untuk bukti yang akan memperkuat berita dengan menghubungi orang yang mereka kenal. Woodward menemui orang misterius yang akan mengungkapkan semua hal yang diketahuinya mengenai skandal Watergae, tetapi ia hanya memberikan kata kunci saja dan menyuruh untuk menyelidiki uang berjumlah 25.000 dollar yang ada disalah satu rekening tersangka pencurian Watergate. Daroi data yang didapat mereka mulai menyelidiki satu persatu dari daftar nama yang mereka hubungi dan datangi, tapi semua menolak untuk dimintai keterangan karena tidak percaya bahwa mereka dari Wahington Pos.
Begitu berat beban yang mereka alami terlebih lagi bahaya yang mengancam keselamatan mereka, karena mereka mengangkat kasus Watergate ini. Tapi hal ini tidak membuat mereka putus asa sampai akhirnya mereka kembali berusaha untuk mencari informasi dengan mendatangi rumah petinggi Gedung Putih, sedikit demi sedikit teka-teki terpecahkan. Setelah semua bukti jelas segera mereka menulis berita dan akhirnya bisa memecahkan kasus Watergate dan menjatuhkan Richard Nixon sebagai presiden dengan setiap berita yang mereka keluarkan di Washington Pos.
Resensi :
            Film ini menceritakan tentang dua orang wartawan yang berjuang untuk memecahkan dan mengangkat sebuah kasus untuk dijadikan berita. All The President’s Men mempunyai cerita yang penuh drama,sejarah dan konflik politik. Film ini dimulai ceritanya dari kasus pencurian dan penyadapan di kantor Pusat Partai Nasional Demokrat di Watergate, yang melibatkan lima orang mantan petinggi Gedung Putih. Woodward dan Carl diberi tugas untuk menyelidiki dan mengangkat kasus ini, tetapi banyak kendala yang dilalui oleh mereka. Woodward yang datang ke pengadilan untuk mencari informasi mengenai kasus ini diminta oleh seorang saksi untuk berhenti meliput kasus ini. Tetapi Woodward dan Carl tetap terus memecahkan dan mengangkat kasus ini menjadi berita.
            Film ini dibintangi oleh Bob Woodward yang diperankan oleh Robert Redford, seorang wartawan baru yang bekerja baru selama sembilan bulan dan Carl Bernstain yang diperankan oleh Dustin Hooffman, seorang wartawan yang bisa dibilang senior karena pengalamnnya yang lebih banyak. Mereka berdua difilm ini menjadi waratawan sekaligus sebagai detektif karena harus memecahan kasus ini san mengangkatnya menjadi sebuah berita.
            Dua orang ini setiap harinya mencari informasi dan mengumpulkan data dengan cara menghubungi oramg-orang yang mereka kenal di Gedung Putih. Lalu, ada seorang yang misterius atau anonym yang memberi tahu hal yang ia ketahui mengenai kasus ini. Dan ia mnyuruh Woodward dan Carl mencari tahu mengenai uang sejumlah 25.000 dollar, yang ada direkening salah satu pencuri. Setelah itu mereka mencari informasi dengan menghubungi dan mendatangi , tetapi mereka mendapat penolakan dari orang-orang yang ingin mereka cari informasinya. Banyak beban yang dialami oleh mereka, meskipun begitu mereka sebagai wartawan tidak pernah putus asa untuk menyelesaikan tugas yang telah diberikan. Pada akhirnya mereka dapat memecahkan dan mengangkat kasus Watwergate ini menjadi sebuah berita, dan dapat menjatuhkan Presiden Amerika Serikaat yaitu Richard Nixon dengan berita yang mereka buat satu persatu teka-teki pun terkuak.
            Film ini adalah sebuah film mengenai jurnalistik yang bagus, dengan film ini kita dapat mengetahui bagaimana pekerjaan sehari-hari seorang wartawan dalam memburu sebuah berita. Cerita ini mengalir dengan baik dan dapat memberi pengetahuan sejarah skandal Watergate yang benar-benar terjadi di dunia politik Amerika Serikat. Penelusuran dan investigasi yang dilakukan oleh Woodward dan Carl membuat kita yang menonton merasa terlempar akibat adegan dari mencari informasi satu nama ke nama lainnya dengan cepat. Tetapi adegan itulah yang membuat kita ingin menontonnya hingga akhir. All The President’s Men merupakan film drma yang cukup sempurna dan baik untuk ditonton oleh orang-orang yang bekerja dibidang jurnalistik, karena dapat memberikan semangat untuk tidak pernah putus asa dalam menjalankan tugasnya. Film ini harus ditonton secara serius erkipun bagi sebagian orang film ini membosankan, tetapi bagi yang mengerti film ini menghibur.