Kamis, 04 Juni 2015



Nama         : Elvira Afriyani
NIM            : 1402055169


Berikut ini adalah wawancara saya dengan seorang pedagang nasi campur yang bernama Bapak Syafi’i. Seorang kepala keluarga berusia 33 tahun yang rela membawa keluarganya menyebrang pulau, mencari peruntungan, demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
 
Elvira (E): Permisi, Pakle. Maaf mengganggu sebentar nih. Boleh minta tolong ga, Pakle?
 
Pakle (P): Minta tolong apa mbak?
 
E: Saya ada tugas nih dari dosen buat wawancara pedagang di sekitar sini, Pakle mau bantu?
 
P: Iyaa mbak silahkan aja.
 
E: Pakle namanya siapa?
 
P: Nama saya Syafi’i.
 
E: Pakle saya denger-denger dari nada bicaranya nih ya ada logat Jawa. Pakle asalnya dari Jawa?
 
P: Iya mbak saya dari Jawa.
 
E: Jawa mana nih Pakle?
 
P: Saya dari Surabaya mbak Jawa Timur.
 
E: Wah nyebrang pulau berarti nih ya Pakle.
 
P: Iya mbak.
 
E: Pakle kenapa pilih Samarinda buat buka usaha ini?
 
P: Karena di sini ada saudara. Dia ngajak saya buat buka usaha di sini.
 
E: Trus Pakle kenapa milih jualan di Jl. Perjuangan ini?
 
P: Karena saya ngeliat lokasi di sini strategis mbak. Deket kampus kan banyak 
kost-kost jadi pasti banyak mahasiswa/i yang beli.
 
E: Nah Pakle sebelum buka usaha ini, Pakle usaha apa?
 
P: Saya di Surabaya dulu buka counter.
 
E: Kalau di sini sebelum buka usaha ini Pakle usaha apa?
 
P: Saya dari Surabaya ke sini langsung buka usaha nasi campur ini.
 
E: Kenapa milih jualan nasi campur?
 
P: Karena menurut saya jualan nasi campur menjajikan mbak.
 
E: Pakle usahanya ini buka dari jam berapa sampai jam berapa?
 
P: Ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 12 malam.
 

E: Wah malem juga ya Pakle tutupnya.
P: Iya mbak soalnya masih ada mahasiswa/i yang beli jam segitu. Ada orang pulang kantoran juga.
 
E: Kalo modal awalnya buka usaha ini berapa Pakle?
 
P: Saya modal awal ada kira-kira 3 juta.
 
E: Udah balik modal?
 
P: Udah mbak, Alhamdulillah.
 
E: Keuntungan per harinya berapa?
 
P: Keuntungan per hari ada kira-kira 300.000-350.000.
 
E: Keuntungannya Pakle biasa dipake buat apa? Selain untuk kebutuhan sehari-hari?
 
P: Ya kalau selain untuk kebutuhan sehari-hari buat bayar uang sekolah anak, bayar cicilan kendaraan, sama buat bayar rumah.
 
E: Pakle ini kan diliat rame ya tapi tempatnya ga terlalu gede. Pakle ada keinginan buat cari lokasi yang lebih gede lagi ga buat mengembangkan usaha Pakle ini?
 
P: Sebenernya kepengen juga nyari tempat yang lebih baik, Cuma ya belom nyari-nyari lagi. Udah sreg di sini juga ya jalanin aja dulu sambil nabung-nabung kan kalo udah nemu tempat yang bagus.
 
E: Nah kan Pakle nabung juga tuh buat nyari tempat yang leih baik,  ada usaha lain yaa Pakle? Istri Pakle buka usaha juga?
 
P: Saya ga ada usaha lain. Istri saya juga ga buka usaha. Istri saya di rumah aja didik sama jaga anak. Biar saya aja yang cari nafkah. Alhamdulillah ini sudah mencukupi kebutuhan.
 
E: Saya liat makin rame nih ya Pakle, kalo saya sudahi aja wawancaranya . Makasih banyak yaa Pakle. Maaf nih ganggu jualannya gini ngerepotin.
 
P: Iya mbak sama-sama, ga kok ga papa.