Kamis, 04 Juni 2015

Raysyahdan Pramana Atmojo 
1402055170

Wirausaha memang tidak pandang bulu. Siapa saja, entah itu remaja hingga orang tua dapat sukses dengan berwirausaha. Seperti yang terjadi oleh Dian Ayu Destyanti. Ia telah berhasil memulai usaha warnet yang kini berjalan dengan mulus di daerah jalan Pramuka.
Jadi bagaimana mulanya anda memulai usaha warnet ini?
Jadi awalnya saya sama kedua teman saya habis lulus kuliah. Nah terus kita nyoba buat ngelamar kerjaan di beberapa tempat, tapi gagal terus. Nah di situ tiba-tiba salah satu teman saya kepikiran untuk bikin usaha aja.
Kapan Anda mulai membuka usaha ini?
Kurang lebih sih sekitar 3 – 4 bulanan setelah kita lulus kuliah. Itu tahun 2010 kalo nggak salah.
Lalu kenapa warnet? Bukannya ada jenis usaha lain yang biasanya dilirik oleh para fresh graduate?
Karena kalo menurut kita bertiga, usaha warnet itu bukan jenis usaha yang jenisnya musiman. Nggak kayak usaha lain kayak makanan-makanan atau minuman-minuman dengan nama yang aneh yang biasanya paling cuman bertahan beberapa lama aja karena musimnya udah lewat. Nah beda sama warnet. Warnet itu bukan jenis usaha yang sifatnya musiman. Semua orang, apalagi pelajar mahasiswa tentu butuh yang namanya computer sama internet, entah itu untuk ngerjain tugas, browsingan biasa, chatting, ber-socmed ria, atau macem-macem hal lainnya. Nah secara otomatis kan orang pasti bakalan ngunjungin warnet buat mengakses internet tadi.
Tantangan apa yang anda hadapi dalam membuka usaha ini?
Tantangan terbesar kita itu adalah gimana caranya tetap bisa bersaing sama warnet-warnet yang lain. Kita semua Tau banget kalor ada banyak warnet di sini, mungkin ada sekitar sepuluh warnet kalo dihitung-hitung. Nah, kita tentu harus nyaris cara supaya orang mau datang ke warnet kita.
Apa suka dan duka yang pernah anda alami dalam membuka usaha warnet ini?
Kalo sukanya itu pas awal semester, karena mahasiswa pasti bakalan ngurus yang namanya KRS atau Kartu Rencana Studi. Nah di situ banyak orang datang buat minta diuruskan KRS-nya tadi. Secara otomatis pemasukan kita bakalan nambah lebih banyak lagi kan he…he…he…  (tertawa)
Kalo dukanya itu pas udah musim hujan. Kita memang bukan usaha makanan yang biasanya bakalan bergantung sama musim hujan apa nggak. Tapi tetap aja kalo udah hujan deras, dijamin pengunjung pasti bakalan berkurang, yang ujung-ujungnya balan pengaruh ke kurangnya pendapatan kita. Apalagi kalo sampe daerah Pramuka kena banjir, waduh bisa sepi banget ini warnet. Ya tapi kalo warnet sepi juga ada enaknya juga sih,, kita jadi bisa buka YouTube dengan lancar jaya nggak pake buffering.
Apa harapan anda ke depannya sebagai seorang wirausaha?
Harapan saya sih supaya layanan internet di Indonesia makin lancer aja, bukan cuman di daerah Pulau Jawa aja tapi juga seluruh Indonesia, karena kalo diliat-liat layanan internet di Indonesia masih berkesan agak pilih kasih, lebih cenderung kenceng di Pulau Jawa aja. Selain itu, harapan kita ke depannya adalah pemerintah mau lebih memperhatikan para pengusaha-pengusaha muda yang baru mau memulai usaha.