Kamis, 28 Mei 2015



Nama    : Novia Riska
Nim        : 1402055124

All the President Men

Sutradara            : Alan j. Pakula
Produser             : Walter coblenz
Pemeran             : Dustin hoffman, Robert redford, Jason robards, Jack warden, Hal holbrook,        
                               Jane alexander, Martin balsam
Tanggal liris         : 9 April 1976
Durasi                   : 138 menit
            Film ini menceritakan tentang wartawan hebat dan sangat bersemangat yang bernama Bob Woodwart dan temannya yg bernama Carl Berntein. Dalam tugasnya mereka berdua ingin mengangkat sebuah kasus korupsi  yang bersangkutan dengan, orang nomer satu di Negara Amerika serikat yaitu presiden Richart nixon. Pada saat itu dalam  kasus ini telah tertangkap lima orang tersangka, kelima tersangk6ioa tersebut langsung dibawa ke pengadilan untuk di proses dan dimintai pertanggung jawaban atas kejahatan yang telah mereka lakukan, mendengar berita itu woodwart segera pergi ke pengadilan dan melihat apa yang sedang terjadi di ruang sidang tersebut. Dan diruang itu ia bertemu dengan seorang saksi yang telah dihadirkan di ruang sidang itu, pada saat itu ia mendatangi seorang saksi itu dan langsung menanyakan bukti-bukti dan informasi yang telah terjadi, tapi sayangnya pada saat itu saksi enggan untuk memberitahu dan ia meminta woodwart untuk menghentikan peliputan  mengenai kasus ini.
Pada akhirnya setelah woodwart menemui saksi tersebut ia kembali ke kantornya dengan membawa bukti yang belum cukup kuat  untuk mengungkapkan fakta yang terjadi di kasus itu, lalu ia mempresentasikan hasil yang ia dapat kepada pimpinan redaksi. Ketika ia mempresentasikan hasilnya orang-orang tersebut tidak terima dan ia malah menjadi bahan ocehan mereka dan ia di ancam akan dipecat dari pekerjaannya. Woodwart yang masih termasuk baru dalam pekerjaan itu ia di anggap remeh oleh mereka. dan  pada akhirnya ia bertemu dengan Carl beinstein yang pada awalnya mereka saling tidak menyukai akan tetapi karena ia sama-sama ingin memecahkan kasus ini akhirnya mereka menjadi berteman dan saling membantu satu sama lain. Setiap hari mereka mencari informasi dan bukti-bukti lainnya untuk memperkuat bukti yang telah mereka dapat sebelumnya mereka terus menghubungi orang-orang yang bersangkutan dan orang yang mereka kenal akan tetapi mereka tidak ada yang mau memberitahu informasi yang sejelasnya. Sampai pada akhirnya mereka bertemu dengan teman sekerjanya yang ternyata pernah berhubungan dengan salah satu tersangka, pada saat mereka mewawancarai perempuan ini ia menolak tetapi kemudian perempuan ini setuju dan pada akhirnya ia memberi tahu informasi yang mereka butuhkan.
                Dari data yang mereka dapat ini, mereka mulai menyelidiki lagi kasus ini tidak mudah bagi mereka untuk mendapatkan informasi selanjutnya dari daftar nama yg mereka hubungi satu persatu, akan tetapi semuanya menolak bahkan dari beberapa mereka tidak percaya bahwa woodwart dan carl adalah seorang wartawan, sampai pada akhirnya mereka akan mempresentasikan lagi hasil menyelidikan kepada tim redaksi akan tetapi akibat dari bukti dan informasi yang masih didapatkan sangat sedikit ia kembali dimarahi lagi oleh para pemimpin redaksi tersebut.
                Begitu berat beban yang mereka pikul, akan tetapi mereka tetap semangat untuk menyelesaikan tugas mereka pada suatu hari mereka memutuskan kembali mendatangi perempuan itu lagi. Akan tetapi dengan rencana lain mereka mendatangi perempuan itu, Pada saat ia mengetuk pintu rumahnya perempuan itu menolak dan tidak ingin bertemu lagi dengan Carl, tapi dengan alasan Carl datang hanya ingin sekedar  bertamu dan minum kopi akhirnya perempuan itu mempersilakan ia masuk kedalam. Dan sinilah Carl berusaha mengorek informasi, dengan kecerdikannya sedikit demi sedikit teka-teki terpecahkan. Dan pada akhirnya Carl berhasil membuat perempuan itu mengungkapkan kebenaran dan informasi yang mereka dapatkan berhasil memperkuat bukti dan informasi yang sebelumnya telah mereka dapatkan. Dengan bukti dan fakta yang kuat dan jelas, mereka segera menulis berita kasus korupsi yang dilakukan oleh presiden Richart Nixon tersebut yang ternyata melakukan kejahatan korupsi. Dengan berita tersebut meka berhasil mengungkapkan kebenaran dan membuat presiden Richart Nixon mengundurkan diri, sehingga membuat presiden tersebut lengser dari kursi ke presidennanya.

·         Kekurangan dalam film : filmnya susah  di mengerti, tokohnya terlalu banyak, jadi
menontonnya harus di ulang-ulang supaya bisa di mengerti.

·         Kelebihan dalam film : sangat mengispirasi untuk kita menjadi seorang jurnalis, ceritanya bagus karena diangkat dari kisah nyata.

·         Menurut pandangan saya : film ini sangat bagus dan mengispirasi bagi para penerus jurnalis yang akan datang dan para jurnalis yang ada pada saat ini, untuk terus semangat dan pantang menyerah untuk mengungkapkan ke dalam berita yang  jelas dan fakta yang nyata. Walaupun pekerjaan terkadang membahayakan diri sendiri  dalam cerita ini wartawan tidak sama sekali mempermasalahkannya dan tidak menjadikannya sebuah halangan bagi mereka untuk  mengungkapkan para pemimpin yang berbuat kejahtan atau kecurangan,demi kebaikan rakyat.