Selasa, 02 Juni 2015

Novia Rizky Dinda Andriani
1402055077

           
PASANG SURUT PEDAGANG NASI KUNING

Nasi kuning merupakan salah satu makanan khas dan tradisional Indonesia,banyak para pedagang yang mecoba peruntungan dengan menjual  makanan tersebut. Hal ini juga berlaku bagi ibu Suryani(39) yang sudah membuka usaha nasi kuning sekitar 6 tahun terakhir. Berikut adalah percakapan saya dengan ibu yang akrab disapa ibu Ani tersebut.
Q: Question
A: Answer

Q: ibu selamat pagi.

A: pagi mbak

Q: saya bisa minta waktu sebentar ngga bu? Kalau ibu ngga keberatan saya mau ngewawancara tentang usaha nasi kuning ibu

A: iya bisa. Sebentar saya kedapur dulu
Kemudian ibu ani pergi kedapur sebentar lalu kembali lagi

Q: oke bu,saya mulai yah wawancaranya, ibu jualan disini sejak kapan?

A: saya mulai jualan itu kira-kira akhir tahun 2009

Q: sudah hampir 6 tahun yah bu,dari dulu emang dagangnya nasi kuning?

A: iya sejak awal

Q: kenapa milih jualan nasi kuning bu? Kan makanan tradisional Indonesia banyak ada nasi uduk,nasi campur,dan banyak lagi

A: heheh kebetulan saya suka nasi kuning mba,jadi karena suka itu makanya dulu mikirnya jualan nasi kuning aja.

Q: jadi karena suka yah bu hehehe,berarti ibu suka makan yah

A: iya mbak,siapa yang ngga suka makan.



Q: oke bu,kembali lagi ke pertanyaannya. Kan banyak sekarang kita jumpai pedagang-pedagang ‘’nakal’’ yang pengen jualannya laris,tapi justru pakai bahan-bahan yang ngga layak kayak bakso oplosan,penggunaan boraks dan macam-macam. Tanggapan ibu sebagai penjual gimana nih??

A: iya saya juga sering nonton banyak diberita-berita kasus yg Seperti mba katakan. Yang pasti saya kesel,kenapa kok milih pakai bahan yg membahayakan,kasian pembeli. Dan karena yg melakukannya pedagang tentunya nama ‘’pedagang lauk’’ juga tercemar yah terus juga pada saat rame berita nya muncul warung saya sempat sepi juga. Ngga tau kenapa,yang berbuat penjual bakso,eeh warung nasi kuning yang sepi hahaha

Q:jadi seperi itu yah bu,iya menggunakan bahan yang berbahaya tentunya juga merupakan tindakan criminal yah bu. Kalo buat ibu sendiri,pernah ngga sih kepikiran biar warungnya rame terus pake bahan yang aneh-aneh gitu??

A: enggak mba,saya ngga pernah kepikiran sampe kesana. Allhamdulillah selama ini warung saya lumayan cukup membantu keuangan saya dan keluarga. Saya juga mikir kan gimana sakutbya pembeli dibohongin,ngga enak pasti. Terus anak-anak saya juga kan sama suami sarapannya ini jadi yah ngga mungkin saya kasih macam-macam.

Q: lalu gimana kok sempat warung ibu sepi tadi kata ibu

A: iya saya juga nggak ngerti mbak,mungkin mereka mikirnya saya bikin nasi pake pewarna buatan. Tapi sebenarnya enggak. Saya pake pewarna aseli mbak.

Q: tapi nggak lama rame lagi yah bu

A: Alhamdulillah kembali lagi kayak biasanya,meskipun ngga rame-rame banget tapi sudah lumayan mba,daripada enggak sama sekali

Q: iya bu allhamdulillah,oke bu makasih banyak atas waktu dan kesediaannya. Semoga warung ibu makin laris dan makin enak. Amin

Q: amin mba,sama-sama