Rabu, 03 Juni 2015



Nama   : Dessy Nur Janah
NIM     : 1402055147




Menggunakan Waktu Luang Untuk Hal yang Bemanfaat
Narasumber     : Kusno
kgj.jpg
          Seorang pedagang bernama Kusno berumur 38 tahun ini berdagang keripik pada malam hari disela-sela waktu kosongnya setelah ia berkerja seharian sebagai petugas kebersihan di salah satu Fakuktas di Universitas Mulawarman. Pak Kusno memiliki seorang istri dan seorang anak yang pada saat ini tinggal di Jawa, ia sudah 5 tahun merantau seorang diri ke Samarinda untuk berkerja mencari nafkah untuk kedua orang yang ia cintai.

W  : Nama bapak siapa ?
N   : Nama saya Kusno.
W  : Umur bapak berapa ?
N   : Umur saya 38 tahun mba.
W  : Bapak berdagang apa saja ?
N   : Saya berdagang keripik saja mba.
W  : Bapak sudah berapa lama berdagang keripik ini?
N   : Kira-kira sudah dua tahunan mba.
W  : Mengapa bapak memilih berdagang ?
N   : Ya ini kan cuma sampingan aja mba , kalo siang kan
kerja di Unmul mba.
W  : Oh, ini hanya sampingan saja pak?
N   : Iya mba di Unmul kan juga kerja mba.
W  : Di Unmul kerja dibagian apa pak?
N   : Disana saya kerja sebagai petugas kebersihan mba di FKIP.
W  : Berapa pengahasilan yang biasanya bapak dapat tiap harinya?
N   : Itu tergangtung kita habisnya berapa kilo kan , kan gak pasti mba kadang-kadang
kan habisnya 5 kilo atau 6 kilo kan habisnya. Ini kan ada bosnya juga, tergantung
habisnya berapa jadi gak bisa dipastikan dapatnya berapa.
W  : Apakah bapak tidak ingin berjualan yang lain?
N   : Ya tidak lah mba, masalahnya kan kita cuma sambilan saja mba berdagang
seperti ini kan seharian saya sudah kerja.
W  : Bapak mulai berdagang dan selesainya  jam berapa pak ?
N   : Saya buka mulai habis magrib dan tutupnya sekitar setengah duabelas mba.
W  : Biasanya sekitar jam segitu sudah habis atau belum pak dagangannya?
N   : Pokoknya habis ya pulang tidak habis ya pulang , kan besok pagi saya kerja juga.
W  : Suka dukanya bapak berdagang seperti ini apa?
N   : Suka dukanya ya jualan diluar gini mba daripada nanti dikampus nanti sore-
sorean tidur-tiduran gitu mba.
W  : Bapak berdagang begini tidak capek pak ?
N   : Ya capeknya ya capeknya gimana orang mangkal begini saja mba.
W  : Kan bapak pulang kerja terus harus berdagang lagi sampai malam?
N   : Tidak lah kan dekat sini aja mba hanya dari kedokteran sini aja mba jadi tidak
capek
W  : Keripik yang bapak dagangkan ini darimana pak ?
N   : Tiap harinya keripik ini saya ambil di lempake sana mba.
W  : Lumayan jauh juga ya pak , bapak mengambilnya kesana menggunakan apa ?
N   : Saya kesana ngambilnya pake motor mba.
W  : Oh allhamdulillah ya pak ada motor ya.
N   : Iya tiap sore saya menggambilnya karena ada temannya juga, dan ada empat
rombong  yang jual keripik juga.
W  : Apakah bapak sudah berkeluarga?
N   : Sudah di Jawa sana mba.
W  : Oh , istrinya di Jawa pak. Apakah bapak mempunyai anak ?
N   : Punya satu mba.
W  : Apakah sudah bersekolah pak anaknya ?
N   : Mondok mba , ngaji.
W  : Oh mondok ngaji , seperti pesantren ya pak.
N   : Iya mba , setelah lulus MTS negeri gitu mba terus mondok.
W  : Umurnya berapa pak ?
N   : Umur 14 tahun mba.
W  : Kenapa bapak memilih berdagang seperti ini atau karena kurang pendapatannya
atau bagiamana pak?
N   : Tidak begitu mba ini hanya dibuat hiburan saja mba ya masalahnya apabila tidak
berjualan seperti ini di kampus saya hanya liat tv setelah itu tidur.
W  : Kenapa istri bapak tidak diajak ke Samarinda ?
N   : Tidak mba hehe
W  : Bapak sudah berapa lama merantau ke Samarinda ?
N   : Sudah 5 tahun mba.
W  : Bapak di Samarinda tinggal dimana ?
N   : saya tinggal di ini koperasi di kedokteran ini mba.
W  : Oh seperti mess gitu ya pak.
N   : Iya mba begitu.
W  : Anak bapak tidak ada keinginan ke Samarinda juga nyusul bapak ?
N   : Tidak mba , masalahnya anak saya berada di pesantren untuk keluar saja tidak
boleh mungkin tidak ada keinginan untuk kesini.
W  : Baiklah , terima kasih atas waktunya bapak .
N   : Iya mba sama-sama.