Selasa, 02 Juni 2015

 Wilman
1402055129



Mahasiswa Pengusaha Coffe Cincau







 
 

Di wawancarai oleh Wilman
SAMARINDA   -  Mahasiwa unmul yang membuka usaha Coffe cincau di jln,pramuka tidak jauh dari Universitas unmul ini merupakan bisnis yang sangat menguntungkan bagi  Mahasiswa yang bernama Najahan mushofa biasa di panggil Ofa dia adalah mahasiswa Unmul di fakultas fisipol jurusan administrasi Negara semester 6.Dia membuka usaha ini sendiri dengan hasil keringatnya sendiri.Namanya juga mahasiswa harus bisa hidup mandiri buat memenuhi kebutuhan hidupnya.
Saya  :  kalau boleh tau nama lengap mas siapa ya  ?
Ofa    :  nama  saya Najahan Mushofa biasa di panggil Ofa sama teman kampus saya
Saya  :  sudah berapa lama mas berjualan disini ?
Ofa    : kurang lebih 8 bulan saya berdagang es coffe ini.
Saya  : mas asli orang sini atau merantau ?
Ofa   : saya orang asli sini cuman kedua orang tua saya asli jawa.Saya disini tinggalnya di marang kayu
Saya :  awalnya gimana sih mah bisa memilih usaha ini ?
Ofa   : awalnya ini usaha bareng teman saya,pertama kali saya itu kerja di mall setelah itu saya kerja di pizza hot,saya merasa kalo kerja di tempat orang itu kita macam di atur-atur maka dari itu saya memutuskan untuk membuka usaha sendiri  dan saya bebas untuk mengatur waktu saya karna kita anak kuliahan kan kadang-kadang kita dapat tugas ,dapat dosen yang rese apa lagi difisip banyak dosen yang rese. kalau membuka usaha sendiri kan kita bisa ngatur waktu kita kalo sama kerja sama orang kan pasti repot.
Saya : bisanya mas membuka usahanya jam berapa ?
Ofa   : biasa saya membuka usaha sayang setelah pulang kuliah,saya kan kuliah pagi biasanya saya buka sekitar jam 3 sore.
Saya  : kalau tutupnya biasanya jam berapa mas ?
Ofa    : kalo tutup tergantung biasanya jam 10 malam kalau ada pasar malam.saya biasa buka sampai jam 11 malam.
Saya  : kalo saya boleh tau berapa ya mas pendapatan mas perhari ?
Ofa    : biasa kalo perhari gak nentu tergatung  hari libur sama masuknya mahasiswa soalnya pembeli es coffe ini kebanyakan dari kalangan mahasihwa kalo lagi rame bisa sampe 300 ribu kadang juga bisa lebih dari itu.
Saya  : kalo sekitar 300 ribu omset perbulanya berapa mas  ?
Ofa   : biasa sih perbulannya saya bisa meraup keuntugan sekitar 7 jt sampe 9 jt
Saya : dari keuntungan itu biasa mas gunakan untuk apa ?
Ofa   : awalnya saya gunakan buat balik modal dulu trus buat keperluan sehari-hari dan sisanya saya tabung .
Saya  : modal awal mas buka usaha ini berapa?
Ofa  : modal awalnya saya buka usaha ini sekitar 4 juta itu pun saya pinjam duitsama teman saya untuk membuka usaha ini.
Saya : oke kalo gitu mas makasih atas informasinya terima kasih sudah mau diwawancarai
Ofa  : iya sama-sama senang bisa membantu anda.