Rabu, 03 Juni 2015



M.Luqman Hakim
1402055088



Struktur Organisasi Media Pers

A. General Manager (Pemimpin Umum)
Bertanggung jawab atas keseluruhan jalannya penerbitan pers, baik kedalam maupun ke luar. Dapat melimpahkan pertanggung jawabanya terhadap hukum kepada Pemimpin Redaksi sepanjang menyangkut isi penerbitan (redaksional) dan kepada pemimpin usaha sepanjang menyangkut pengusahaan penerbitan.

B. Pemimpin Perusahaan
Pemimpin Perusahaan menyebar luaskan media massa, yakni melalui pemasaran (marketing) atau penjualan media massa. Pemimpin usaha ini membawahi manajer keuangan, manajer sirkulasi, manager SDM/ HRD.

a. Manager Keuangan
Bagian keuangan dipimpin oleh seorang manager atau kepala bagian keuangan perusahaan yang meliputi menghitung pemasukan dan pengeluaran uang, menyimpan dan mebayar uang, serta mengumpulkan kekayaan perusahaan. Manager bertanggung jawab kepada pemimpin perusahaan.

b. Manager Sirkulasi
Bertugas mengwasi proses pengiriman, penyebaran, dan pemasaran produk oleh penerbit dari percetakan hingga ke tangan konsumen secara tepat waktu.

c. Manager SDM/ HRD
Dalam sebuah perusahaan terutama yang memperkerjakan ratusan bahkan ribuan karyawan, manager HRD mempunyai peran penting. Manager HRD berperan mengawasi perekrutan pegawai, mewawancarai dan memperkerjakan karyawan baru, melakukan konsultasi dengan pimpinan puncak mengenai rencan strategis, bertindak sebagai penghubung antara management perusahaan dengan karyawan.

d. Manager Produksi
Bertanggung jawab atas pelaksanaan rencana produksi agar dapat dicapai hasil produksi sesuai jadwal, volume dan mutu ditetapkan dan juga bertanggung jawab pengendalian bahan baku dan efisiensi penggunaan tenaga kerja, dan mesin.

e. Manager Periklanan
Rencana kebijakan periklanan bertugas untuk prsoes kampanye untuk memperkenalkan perusahaan agar meningkatkan pendapatan.

C. Pemimpin Redaksi (Pemred)
Pemimpin Redaksi bertanggung jawab terhadap mekanisme dan aktivitas kerja keredaksian dan jajaran keredaksian dibawahnya. Menindak lanjuti kebijakan GM (General Manager) untuk mengangkat dan memberhentikan personalnya. Melakukan koordinasi dengan GM dan Pemimpin Perusahaan dan dalam melaksanakannya dibantu oleh Sekretaris Redaksi, Redaktur Pelaksana, dan Koordinator wartawan/ liputan.
a. Redaktur Pelaksana
Dibawah Pemred biasanya terdapat Redaktur Pelaksana (Managing Editor). Tanggung jawabnya hampir sama dengan Pemred dan Wapemred, namun lebih teknis. Dialah yang memimpin langsung aktivitas peliputan dan pembuatan berita oleh para reporter dan editor.

b. Sekretaris Redaksi
Seorang Sekretaris Redaksi memiliki tugas menata dan mengatur undangan dari sesuatu yang berkaitan dengan pemberitaan. Menghubungi sumber berita untuk konfirmasi, atau pembatalan, wawancara, dan kunjungan kerja.

c. Redaktur Bidang
Redaktur yang membawahi bidang tertentu dan mengumpulkan, memilih, dan menyusun tulisan sesuai bidangnya.
- Hukum        : Memilih dan menyusun berita khusus untuk perkembangan hukum                                         atau peristiwa-peristiwa hukum
- Perkotaan    : Memilih dan menyusun berita tentang perkotaan dan                                                                           perkembangannya atau suatu peristiwa
- Olahraga     : Memilih dan menyusun berita seputar dunia olahraga
- Ekonomi     : Memilih dan menyusun berita seputar dunia perekonomian
- Politik                     : Memilih dan menyusun berita seputar dunia politik

d. Wartawan
Di bawah para redaktur adalah para wartawan atau reporter. Bertugas mencari lalu membuat atau menyusunnya. Tugas mereka melakukan reportase oleh karena itu mereka biasanya terjun langsung ke lapangan menemui narasumber dan sebagainya.

e. Fotografer
Tugasnya mengambil gambar peristiwa atau objek tertentu yang bernilai berita atau untuk melengkapi tulisan berita yang wartwan tulis. Ia merupakan mitra kerja setaraf dengan wartawan tulisan.