Selasa, 02 Juni 2015

NAMA  :  Kurniady Yusuf
NIM      :  1402055157


                             “Menikmati Es Burjo Bang Ipul”


Perkenalkan nama saya Kurniady Yusuf, hari ini tepatnya hari minggu 29 maret 2015 saya akan mewawancarai seorang pedagang es burjo yang sering saya lihat berjualan di dekat gapura Universitas Mulawarman ini, es burjo ini dikenal dengan nama “es burjo bang ipul” nama inilah yang membuat saya penasaran untuk melakukan wawancara dengan pedagangnya
Teriknya matahari tidak menyurutkan semangat ia berdagang hari ini, saya pun menghampirinya di tengah ia sibuk dengan pelanggannya, saya tersenyum lalu saya bertanya apakah bapak bersedia saya wawancara tentang dagangan bapak ini, ia membalas senyum dan bapak ini pun bersedia saya wawancara.
Berikut hasil wawancara saya :
·         Siapa nama bapak?
Ø  Nama saya Saiful mas, makanya nama dagangan saya saya namai es burjo bang ipul karena di ambil dari nama saya.
·         Oh begitu ya pak, kenapa bapak memilih tempat ini untuk berjualan?
Ø  Sebenarnya saya tidak selalu bertahan di suatu tempat mas, karena di hari biasa tempat ini tidak boleh untuk berjualan, di hari minggu saja saya bisa stay disini
·         Jam berapa biasanya bapak memulai berjualan?
Ø  Saya jam 7 udah mulai berjualan mas
·         Kenapa bapak memilih menjadi penjual es burjo?
Ø  Karena saya tidak ada pengalaman mas, awalnya saya ingin mempunyai warung karena modal saya kurang jadi saya memilih menjadi pedagang es burjo saja.
·         Mohon maaf sebelumnya ya pak dengan berjualan es burjo bang ipul ini apakah kebutuhan bapak sehari-hari bisa terpenuhi?
Ø  Alhamdulillah cukup mas, apalagi kalau dagangan saya sedang rame-ramenya pelanggan, bisa lebih dari cukup mas
·         Apakah bapak sudah berkeluarga?
Ø  Sudah mas, tetapi istri sama anak saya sedang berada di jawa mereka pulang kampung.
·         Apa ada hambatan ketika bapak sedang berjualan?
Ø  Hambatan menurut saya tidak ada mas, karena walaupun hujan atau panasnya cuaca tetap ada pelanggan mas, mungkin ketika hujan saja ada sedikit hambatan tapi tidak terlalu masalah buat saya mas.
·         Kalau saya boleh tau berapa modal bapak ketika memulai berdagang es burjo ini?
Ø  Modal awal saya waktu itu adalah dua juta lima ratus saja mas.
·         Berapa pendapatan bapak per harinya dari hasil penjualan ini?
Ø  Sekitar seratus ribuan mas, tetapi kalau lagi sepi sepinya bisa dua puluh lima ribu sampai lima puluh ribu saja mas.

·         Suka duka bapak selama berjualan di sini?
Ø  Senangnya ya kalau lagi laris mas, kalau sedihnya ya dagangan saya sepi dari pelanggan.
·         Terima kasih bapak Saiful, sudah meluangkan waktunya untuk saya wawancara semoga dagangan es burjo bang ipul ini bisa laris terus ya pak
Ø  Amin, sama sama mas.

Demikian lah wawancara singkat saya dengan pedagang es burjo yang diketahui bernama bapak Saiful ini, semoga informasi yang saya dapat bisa bermanfaat bagi pembaca dan pembaca bisa mengambil hal hal positif dari hasil wawancara tersebut.

Terima Kasih .....