Kamis, 28 Mei 2015



Nama: Febri Dwi A
NIM: 1402055075


Struktur Media

1.    Pemimpin Umum

Direktur/pimpinan merupakan struktur organisasi perusahaan manufaktur yang tertinggi. Bagian ini merupakan pihak yang bertanggung jawab terhadap segala bentuk operasional atau berjalannya roda perusahaan.

Tugas Direktur/pimpinan adalah sebagai berikut:
1.Memimpin seluruh dewan atau komite eksekutif
2.Menawarkan visi dan imajinasi di tingkat tertinggi
3.Memimpin rapat umum, dalam hal: untuk memastikan pelaksanaan tata-tertib; keadilan dan kesempatan bagi semua untuk berkontribusi secara tepat;menyesuaikan alokasi waktu per item masalah; menentukan urutan agenda; mengarahkan diskusi ke arah konsensus; menjelaskan dan menyimpulkan tindakan dan kebijakan
4.Bertindak sebagai perwakilan organisasi dalam hubungannya dengan dunia luar
5.Memainkan bagian terkemuka dalam menentukan komposisi dari board dan sub-komite, sehingga tercapainya keselarasan dan efektivitas.
6.Mengambil keputusan sebagaimana didelegasikan oleh bawahannya atau pada situasi tertentu yang dianggap perlu, yang diputuskan, dalam meeting-meeting di perusahaannya.

2.  Pemimpin Redaksi

Pemimpin Redaksi (Editor in Chief) bertanggung jawab terhadap mekanisme dan aktivitas kerja keredaksian sehari-hari. Ia harus mengawasi isi seluruh rubrik media massa yang dipimpinnya. Di suratkabar mana pun, Pemimpin Redaksi menetapkan kebijakan dan mengawasi seluruh kegiatan redaksional. Ia bertindak sebagai jenderal atau komandan yang perintah atau kebijakannya harus dipatuhi bawahannya. Kewenangan itu dimiliki kaena ia harus bertanggung jawab jika pemberitaan medianya digugat pihak lain.

Pemimpin Redaksi juga bertanggung jawab atas penulisan dan isi Tajukrencana (Editorial) yang merupakan opini redaksi (Desk opinion). Jika Pemred berhalangan menulisnya, lazim pula tajuk dibuat oleh Redaktur Pelaksana, salah seorang anggota Dewan Redaksi, salah seorang Redaktur, bahkan seorang Reporter atau siapa pun dengan seizin dan sepengetahuan Pemimpin Redaksi yang mampu menulisnya dengan menyuarakan pendapat korannya mengenai suatu masalah aktual.

3. Wakil Pemimpin Redaksi
·         Jika Pemimpin Redaksi berhalangan atau adanya keperluan lain yang bersifat prinsipil maka wakil

·         Pemimpin Redaksi dapat mewakili tugas dan tanggung jawab Pemimpin Umum apabila diberi mandatsecara tertulis.

·         Melakukan monitoring segala aktivitas personal dilapangan dan menampung segala bentuk persoalan

·         terutama yang menyangkut mekanisme kerja.

4. Redaktur Pelaksana

Di bawah Pemred biasanya ada Redaktur Pelaksana (Managing Editor).
Tanggung jawabnya hampir sama dengan Pemred/Wapemred, namun lebih bersifat teknis.
Dialah yang memimpin langsung aktivitas peliputan dan pembuatan berita oleh para reporter dan editor.

5. Redaktur Publik

Redaktur (editor) sebuah penerbitan pers biasanya lebih dari satu. Tugas utamanya adalah:
·         melakukan editing atau penyuntingan, yakni aktivitas penyeleksian dan perbaikan naskah yang akan dimuat atau disiarkan. Di internal redaksi, mereka disebut Redaktur Desk (Desk Editor)Redaktur Bidang, atau Redaktur Halaman karena bertanggung jawab penuh atas isi rubrik tertentudan editingnya. Seorang redaktur biasanya menangani satu rubrik, misalnya rubrik ekonomi, luarnegeri, olahraga, dsb. Karena itu ia dikenal pula dengan sebutan "Jabrik" atau penanggung jawab rubrik.

6. Reporter (Wartawan)

·         Merupakan anggota dilapangan untuk mencari berita / meliput, membuat, menyusun berita untukdikirim ke Redaksi.

·         Jam kerja reporter adalah 24 jam sehari.

·         Mencari berita orang ternama atau orang yang sifatnya digemari publik.

·         Mencari dan melaporkan semua peristiwa penting dalam kancah opinium publik adalah tanggung jawab profesional wartawan.

·         Harus mendapatkan berita yang benar dari semua pihak yang terlibat.

7. Fotografer

Fotografer (wartawan foto atau jurupotret) tugasnya mengambil gambar peristiwa atau objek tertentu yang bernilai berita atau untuk
melengkapi tulisan berita yang dibuat wartawan tulis. Ia merupakan mitra kerja yang setaraf dengan wartawan tulisa (reporter

8. Pemimpin Perusahaan

Orang yang mendapatkan kepercayaan dari pemimpin umum untuk membantu dalam pengelolaan bidang usaha. Dia mendapatkan kepercayaan penuh mengendalikan usaha, untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya guna mensejahterakan semua karyawan

9. Manajer SDM
·         Merencanakan, mengembangkan dan mengimplementasikan strategi di bidang pengelolaan dan pengembangan SDM
(termasuk perekrutan dan pemilihan kebijakan/ practices, disiplin, keluhan, konseling, upah dan peryaratannya,
kontrak-kontrak, pelatihan dan pengembangan, perencanaan suksesi, moril dan motivasi, kultur dan pengembangan
sikap dan moral kerja, manajemen penimbangan prestasi dan hal seputar manajemen mutu – dan lain-lain (ditambahakan selama masih relvean)

·         Menetapkan dan memelihara sistem yang sesuai untuk mengukur aspek penting dari pengembangan HR.

·         Memonitor, mengukur dan melaporkan tentang permasalahan, peluang, rencana pengembangan yang berhubungan
dengan SDM dan pencapaiannya dalam skala waktu dan bentuk / format yang sudah disepakati.

10. Manajer  Periklanan

·         Mempersiapkan anggaran dan menyerahkan perkiraan untuk biaya program sebagai bagian dari pengembangan rencana kampanye.
·         Merencanakan dan mempersiapkan iklan dan materi promosi untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa, bekerja dengan pelanggan, pejabat perusahaan, departemen penjualan dan biro iklan.
·         Membantu dengan anggaran pembangunan tahunan.
·         Periksa layout dan naskah iklan dan mengedit script, audio dan video tape, dan materi promosi lainnya untuk kepatuhan terhadap spesifikasi.
·         Mengkoordinasikan kegiatan departemen, seperti penjualan, seni grafis, media, keuangan, dan penelitian.
·         Mempersiapkan dan menegosiasikan kontrak iklan dan penjualan.
·         Mengidentifikasi dan mengembangkan kontak untuk kampanye promosi dan program industri yang memenuhi target pembeli diidentifikasi seperti deale2011-02-07rs, distributor, atau konsumen.
·         Mengumpulkan dan mengatur informasi untuk merencanakan kampanye iklan.
·         Berunding dengan kepala departemen atau staf untuk mendiskusikan topik seperti kontrak, pemilihan media iklan, atau produk yang akan diiklankan.
·         Berunding dengan klien untuk memberikan saran pemasaran atau teknis.

11. Menejer Pemasaran

Meskipun tidak ikut dalam proses produksi, namun bagian dari struktur organisasi perusahaan manufaktur seperti Zalacca BrownSnake ini juga Divisi pemasaran mempunyai pengaruh besar terhadap kemajuan perusahaan.karena dari bagian inilah hasil produksi perusahaan bisa dijual dan dipasarkan.

Fungsi bagian pemasaran adalah untuk memasarkan hasil produk-produk yang telah di produksi untuk para konsumen dan mempunyai tugas, yaitu:

a. Mengidentifikasi dan memahami keinginan pelanggan dalam segmen pasar

b. Mengumpulkan keterangan mengenai kinerja produk

c. Membuat inovasi-inovasi baru

d. Mengukur citra perusahaan dan kepuasaan pelanggan secara kontinyu.

12. Menejer Keuangan

Bagian struktur organisasi perusahaan manufaktur yang satu ini mempunyai tanggung jawab terhadap keuangan untuk operasional perusahaan. Tugasnya adalah mengatur menejemen keuangan mulai dari belanja rutin untuk proses produksi dan keperluan perusahaan yang lain.

Fungsi bagian keuangan adalah sebagai berikut:
1.Mengkoordinasikan pengendalian kegiatan Akuntansi Manajemen, Keuangan, dan Sistem Informasi Keuangan.
2.Melakukan analisis terhadap laporan keuangan dan laporan akuntansi manajemen perusahaan.
3.Melaksanakan pengendalian dan pengawasan bidang keuangan sesuai dengan target yang ditentukan.
4.Mengkoordinasikan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP).
5.Mengusulkan sistem dan prosedur akuntansi dan keuangan yang memadai untuk  pengembangan sistem informasi akuntansi & keuangan dan bentuk-bentuk pelaporan.
6.Mengevaluasi dan menyampaikan laporan keuangan (neraca, laporan laba/rugi, laporan arus kas) yang auditable secara berkala beserta perinciannya (bulanan, triwulan maupun akhir tahun) sesuai dengan kebijakan akuntansi kepada Direksi

13. Manajer Produksi

- Berpendidikan minimal S2 Bidang Industri

- Mengerti jalannya proses produksi dengan baik

- Memahami peralatan dan kebutuhan produksi

- Bertanggungjawab