Nama:
Febri Dwi A
NIM:
1402055075
Struktur Media
1. Pemimpin
Umum
Direktur/pimpinan
merupakan struktur organisasi perusahaan manufaktur yang tertinggi. Bagian ini merupakan
pihak yang bertanggung jawab terhadap segala bentuk operasional atau
berjalannya roda perusahaan.
Tugas
Direktur/pimpinan adalah sebagai berikut:
1.Memimpin
seluruh dewan atau komite eksekutif
2.Menawarkan
visi dan imajinasi di tingkat tertinggi
3.Memimpin
rapat umum, dalam hal: untuk memastikan pelaksanaan tata-tertib; keadilan dan
kesempatan bagi semua untuk berkontribusi secara tepat;menyesuaikan alokasi
waktu per item masalah; menentukan urutan agenda; mengarahkan diskusi ke arah
konsensus; menjelaskan dan menyimpulkan tindakan dan kebijakan
4.Bertindak
sebagai perwakilan organisasi dalam hubungannya dengan dunia luar
5.Memainkan
bagian terkemuka dalam menentukan komposisi dari board dan sub-komite, sehingga
tercapainya keselarasan dan efektivitas.
6.Mengambil
keputusan sebagaimana didelegasikan oleh bawahannya atau pada situasi tertentu
yang dianggap perlu, yang diputuskan, dalam meeting-meeting di perusahaannya.
2. Pemimpin
Redaksi
Pemimpin
Redaksi (Editor in Chief) bertanggung jawab terhadap mekanisme dan aktivitas
kerja keredaksian sehari-hari. Ia harus mengawasi isi seluruh rubrik media
massa yang dipimpinnya. Di suratkabar mana pun, Pemimpin Redaksi menetapkan
kebijakan dan mengawasi seluruh kegiatan redaksional. Ia bertindak sebagai
jenderal atau komandan yang perintah atau kebijakannya harus dipatuhi
bawahannya. Kewenangan itu dimiliki kaena ia harus bertanggung jawab jika
pemberitaan medianya digugat pihak lain.
Pemimpin
Redaksi juga bertanggung jawab atas penulisan dan isi Tajukrencana (Editorial)
yang merupakan opini redaksi (Desk opinion). Jika Pemred berhalangan
menulisnya, lazim pula tajuk dibuat oleh Redaktur Pelaksana, salah seorang
anggota Dewan Redaksi, salah seorang Redaktur, bahkan seorang Reporter atau
siapa pun dengan seizin dan sepengetahuan Pemimpin Redaksi yang mampu
menulisnya dengan menyuarakan pendapat korannya mengenai suatu masalah aktual.
3.
Wakil Pemimpin Redaksi
·
Jika Pemimpin Redaksi berhalangan atau adanya
keperluan lain yang bersifat prinsipil maka wakil
·
Pemimpin Redaksi dapat mewakili tugas dan
tanggung jawab Pemimpin Umum apabila diberi mandatsecara tertulis.
·
Melakukan monitoring segala aktivitas
personal dilapangan dan menampung segala bentuk persoalan
·
terutama yang menyangkut mekanisme kerja.
4.
Redaktur Pelaksana
Di
bawah Pemred biasanya ada Redaktur Pelaksana (Managing Editor).
Tanggung
jawabnya hampir sama dengan Pemred/Wapemred, namun lebih bersifat teknis.
Dialah
yang memimpin langsung aktivitas peliputan dan pembuatan berita oleh para reporter
dan editor.
5.
Redaktur Publik
Redaktur
(editor) sebuah penerbitan pers biasanya lebih dari satu. Tugas utamanya adalah:
·
melakukan editing atau
penyuntingan, yakni aktivitas penyeleksian dan perbaikan naskah yang akan
dimuat atau disiarkan. Di internal redaksi, mereka disebut Redaktur Desk (Desk
Editor)Redaktur Bidang, atau Redaktur Halaman karena bertanggung jawab penuh
atas isi rubrik tertentudan editingnya. Seorang redaktur biasanya menangani
satu rubrik, misalnya rubrik ekonomi, luarnegeri, olahraga, dsb. Karena itu ia
dikenal pula dengan sebutan "Jabrik" atau penanggung jawab rubrik.
6.
Reporter (Wartawan)
·
Merupakan anggota dilapangan untuk mencari
berita / meliput, membuat, menyusun berita untukdikirim ke Redaksi.
·
Jam kerja reporter adalah 24 jam sehari.
·
Mencari berita orang ternama atau orang yang
sifatnya digemari publik.
·
Mencari dan melaporkan semua peristiwa
penting dalam kancah opinium publik adalah tanggung jawab profesional wartawan.
·
Harus mendapatkan berita yang benar dari
semua pihak yang terlibat.
7.
Fotografer
Fotografer
(wartawan foto atau jurupotret) tugasnya mengambil gambar peristiwa atau objek
tertentu yang bernilai berita atau untuk
melengkapi
tulisan berita yang dibuat wartawan tulis. Ia merupakan mitra kerja yang setaraf
dengan wartawan tulisa (reporter
8.
Pemimpin Perusahaan
Orang
yang mendapatkan kepercayaan dari pemimpin umum untuk membantu dalam
pengelolaan bidang usaha. Dia mendapatkan kepercayaan penuh mengendalikan
usaha, untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya guna mensejahterakan
semua karyawan
9.
Manajer SDM
·
Merencanakan, mengembangkan dan
mengimplementasikan strategi di bidang pengelolaan dan pengembangan SDM
(termasuk perekrutan
dan pemilihan kebijakan/ practices, disiplin, keluhan, konseling, upah dan
peryaratannya,
kontrak-kontrak,
pelatihan dan pengembangan, perencanaan suksesi, moril dan motivasi, kultur dan
pengembangan
sikap dan moral
kerja, manajemen penimbangan prestasi dan hal seputar manajemen mutu – dan
lain-lain (ditambahakan selama masih relvean)
·
Menetapkan dan memelihara sistem yang sesuai
untuk mengukur aspek penting dari pengembangan HR.
·
Memonitor, mengukur dan melaporkan tentang
permasalahan, peluang, rencana pengembangan yang berhubungan
dengan SDM dan
pencapaiannya dalam skala waktu dan bentuk / format yang sudah disepakati.
10.
Manajer Periklanan
·
Mempersiapkan anggaran dan
menyerahkan perkiraan untuk biaya program sebagai bagian dari pengembangan
rencana kampanye.
·
Merencanakan dan
mempersiapkan iklan dan materi promosi untuk meningkatkan penjualan produk atau
jasa, bekerja dengan pelanggan, pejabat perusahaan, departemen penjualan dan
biro iklan.
·
Membantu dengan anggaran
pembangunan tahunan.
·
Periksa layout dan naskah
iklan dan mengedit script, audio dan video tape, dan materi promosi lainnya
untuk kepatuhan terhadap spesifikasi.
·
Mengkoordinasikan kegiatan
departemen, seperti penjualan, seni grafis, media, keuangan, dan penelitian.
·
Mempersiapkan dan
menegosiasikan kontrak iklan dan penjualan.
·
Mengidentifikasi dan
mengembangkan kontak untuk kampanye promosi dan program industri yang memenuhi
target pembeli diidentifikasi seperti deale2011-02-07rs, distributor, atau
konsumen.
·
Mengumpulkan dan mengatur
informasi untuk merencanakan kampanye iklan.
·
Berunding dengan kepala
departemen atau staf untuk mendiskusikan topik seperti kontrak, pemilihan media
iklan, atau produk yang akan diiklankan.
·
Berunding dengan klien untuk
memberikan saran pemasaran atau teknis.
11.
Menejer Pemasaran
Meskipun
tidak ikut dalam proses produksi, namun bagian dari struktur organisasi
perusahaan manufaktur seperti Zalacca BrownSnake ini juga Divisi pemasaran
mempunyai pengaruh besar terhadap kemajuan perusahaan.karena dari bagian inilah
hasil produksi perusahaan bisa dijual dan dipasarkan.
Fungsi
bagian pemasaran adalah untuk memasarkan hasil produk-produk yang telah di
produksi untuk para konsumen dan mempunyai tugas, yaitu:
a.
Mengidentifikasi dan memahami keinginan pelanggan dalam segmen pasar
b.
Mengumpulkan keterangan mengenai kinerja produk
c.
Membuat inovasi-inovasi baru
d.
Mengukur citra perusahaan dan kepuasaan pelanggan secara kontinyu.
12.
Menejer Keuangan
Bagian
struktur organisasi perusahaan manufaktur yang satu ini mempunyai tanggung
jawab terhadap keuangan untuk operasional perusahaan. Tugasnya adalah mengatur
menejemen keuangan mulai dari belanja rutin untuk proses produksi dan keperluan
perusahaan yang lain.
Fungsi
bagian keuangan adalah sebagai berikut:
1.Mengkoordinasikan
pengendalian kegiatan Akuntansi Manajemen, Keuangan, dan Sistem Informasi
Keuangan.
2.Melakukan
analisis terhadap laporan keuangan dan laporan akuntansi manajemen perusahaan.
3.Melaksanakan
pengendalian dan pengawasan bidang keuangan sesuai dengan target yang
ditentukan.
4.Mengkoordinasikan
penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP).
5.Mengusulkan
sistem dan prosedur akuntansi dan keuangan yang memadai untuk pengembangan sistem informasi akuntansi &
keuangan dan bentuk-bentuk pelaporan.
6.Mengevaluasi
dan menyampaikan laporan keuangan (neraca, laporan laba/rugi, laporan arus kas)
yang auditable secara berkala beserta perinciannya (bulanan, triwulan maupun
akhir tahun) sesuai dengan kebijakan akuntansi kepada Direksi
13.
Manajer Produksi
-
Berpendidikan minimal S2 Bidang Industri
-
Mengerti jalannya proses produksi dengan baik
-
Memahami peralatan dan kebutuhan produksi
-
Bertanggungjawab