Kamis, 28 Mei 2015



Nama: Febri Dwi A
NIM: 1402055075

KISAH NURAINAH SI PENYAPU JALAN



Di tengah panasnya mentari pagi Kota Samarinda serta diantara debu dan dedaunan kering yang jatuh ke bumi, Nurainah (43) dengan pakaian lusuh berwarna kuning memulai aktifitasnya mengayunkan sapunya membersihkan debu dan kotoran dipelataran Jalan Sutomo. Kelelahan tampak terasa dikulitnya setelah melangkah pulang ke gubuknya yang sederhana di kawasan Kehewanan, Samarinda Ilir. Rasa lelah usai membersihkan ribuan batu, kayu dan debu, sisa hujan semalam.

Rutinitas yang dilaluinya bertahun-tahun ini menjadi mata pencaharian baginya untuk  menyambung hidup. Sambil tersenyum sembari memberikan makna keteduhan diwajahnya yang mulai terlihat kotor dari debu yang melengket ditetesan keringatnya. Ya, Nurainah adalah seorang perempuan paruh baya yang berprofesi sebagai tukang sapu jalan raya.

Nurainah juga mengungkapkan kegiatan ia mulai bekerja pada pukul 5:30-7:00 dan 2:00-3:30 sore. Dengan tugas pokoknya yang membersihkan Jalan Sutomo.  Di usianya yang sudah paruh baya, Nurainah hanya bisa berharap kebaikan hati pemerintah Kota Samarinda. Setidaknya, ia ingin agar dia bisa mendapat kenaikan upah.