Kamis, 28 Mei 2015




 Nama : Adnan Rico Saputra
Nim : 140205161


  Student Centre Nasibmu Kini

Malam telah tiba. Student centre yang menjadi naungan mahasiswa untuk berkreativitas hanya diterangi oleh sebuah lampu neon dan cahaya bulan. Nuansa remang-remang nampak jelas telihat. Tak lupa suara lalu lalang kendaraan dan percikan airnya dari genangan di jalan berlubang sekitar gedung.



Telah lama dikeluhkan namun tetap saja terabaikan. Begitulah nasib yang kini di alami oleh gedung Student Centre atau gedung UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Gedung yang berlokasi di belakang gedung Fakultas MIPA  Universitas Mulawarman ini merupakan pusat kegiatan mahasiswa untuk menyalurkan bakat dan minat yang dimilikinya
Sungguh di sayangkan gedung bertingkat tiga ini kondisinya cukup memprihatinkan. Sampah berserakan dimana-mana, atap gedung banyak yang bocor, pencahayaan ketika malam sangat minim, dan lagi jalan masuk lokasi gedung yang rusak serta di perparah dengan mahasiswa yang menjemur pakaian sembarangan di sekitar gedung mengakibatkan polusi mata.



Hal ini telah banyak dikeluhkan oleh para mahasiswa yang memakai gedung maupun yang sekadar melintas. “Student centre yang sekarang agak bagus berbeda pada saat saya pertama kali kesini, kalo dulu itu gedung gelap tidak ada lampu, kalo sekarang air aja yang jarang mengalir” ungkap Elrycho anggota UKM Band Unmul.
Minimnya kesadaran mahasiswa untuk memelihara yang mengakibatkan gedung student centre terbengkalai. Selain minimnya kesadaran dari mahasiswa itu sendiri,  kurangnya kepedulian dari petinggi unmul yang bertugas juga menjadi faktor penentu gedung yang terletak di Jl. Barong Tongkok ini terabaikan.
“Ini sebenarnya tanggung jawab kita bersama untuk merawat gedung ini, kami juga telah melakukan protes terhadap pejabat unmul tentang masalah ini namun tidak ada tanggapannya” ungkap lagi Elrycho mahasiswa jurusan ilmu komunikasi ini.
Tidak adanya komunikasi maupun kordinasi antara pejabat unmul maupun mahasiswa itu sendiri yang akan mengakibatkan kejadian ini akan terus terulang. Semoga kedepannya kondisi yang terjadi oleh gedung student centre tidak lagi terjadi oleh gedung-gedung lain di komplek Universitas Mulawarman.(adn)