Kamis, 04 Juni 2015

Nama  : Nanda Melyawati Aisyiya
NIM     : 1402055076


"All The President's Men"


Film All The President's Men merupakan film yang bertemakan dengan kegiatan jurnalistik. Menceritakan tentang dua orang jurnalis yang bekerja di The Washington Post bernama Carl Bernstein dan Bob Woodward yang berhasil mengungkap skandal Watergate dan berujung pada kemunduran Presiden Richard Nixon tahun 1974.
Peristiwa tersebut dimulai dengan penangkapan lima laki-laki yang berusaha membobol masuk ke kompleks perkantoran Komite Nasional Demokrat untuk memasang alat penyadap. Insiden yang terjadi pada masa kampanye tersebut, setelah diselidiki dan ternyata dilakukan oleh kelompok pendukung Nixon, Komite untuk Pemilihan Kembali Presiden. Kala itu, The Washington Post memberi tugas peliputan kepada Woodward karena mereka menganggap kejadian itu hanyalah penyusupan biasa.
Mengingat pengalaman Woodward yang masih minim, Ben Bradlee yang saat itu menjadi executive editor di The Washington Post, menugaskan Bernstein yang saat itu sudah menjadi reporter selama enam tahun di The Washington Post. Pada mulanya, Bernstein dan Woodward adalah pasangan yang tidak cocok untuk meliput kasus ini. Namun, seiring berjalannya waktu, mereka berdua isa bekerja sama dengan baik dalam meliput Watergate.
Setelah melakukan investigasi yang sangat panjang dan melelahkan, Woodward dan Bernstein pun akhirnya membuahkan hasil. Bernstein dan Woodward berhasil menemukan kaitan antara dana yang para penyusup gunakan dengan Committee to Re-elect the President. Mereka berdua juga berhasil menemukan kaitan antara dana ini dengan Kepala Staff White House, yang pada saat itu dijabat oleh H.R. Halderman yang sebelumnya telah diberitahu oleh Deep Throat dalam bentuk kata kunci pada saat pertemuan rahasia antara Deep Throat, Woodward, dan Bernstein.
Pada akhirnya, setelah melakukan investigasi lebih lama lagi, Bernstein dan Woodward memulai liputan mereka tentang upaya Nixon untuk memenangkan pemilu presiden Amerika Serikat dengan cara yang tidak wajar. Dan pembongkaran skandal Watergate yang “dipimpin” oleh The Washington Post, membuat Presiden Nixon mengundurkan diri di tahun 1974 dan digantikan oleh Gerald Ford.
Komentar:
Menurut saya, film ini sangatlah layak untuk  ditonton terutama bagi Anda para jurnalis. Di dalam film ini banyak memberikan kita pelajaran akan pentingnya mencari  sebuah kebenaran dalam  berita yang dimuat oleh seorang jurnalis. Selain itu, mereka juga menampilkan keuletannya sebagai seorang jurnalis dalam membuat berita eksklusif.

Sutradara:Alan J. Pakula |Pemeran:Dustin Hoffman, Robert Redford, Jason Robards, Jack Warden, Hal Holbrook |Rilis:9 April 1976 (Amerika Serikat) |Durasi:138menit| Produser: Walter Goblenz| Distributor: Warner Bros