Kamis, 04 Juni 2015


Dwi Puteri Ananda
1402055151


Resensi Film “ALL THE PRESIDENT’S MEN - 1976”

Samarinda,(DPA)9/3. Pengunduran diri dan lengsernya Presiden Richard Nixon dari kusi kepresidenan yang dimuat dalam film berjudul : “All The President’s Men - 1976”, merupakan salah satu reportase investigasi terbaik dalam sejarah pers dunia.
Kisah dua wartawan hebat, Bob Woodward dan Carl Bernstein dalam penyelidikan korupsi Watergate untuk media Washington Post, yang menjatuhkan Presiden AS Richard Nixon.

Sutradara              : J. Pakula
Produser               : Walter Coblenz
Pemeran utama      : Dustin Hoffman dan Robert Redford
Sineas                               : Warner Bross
Tanggal rilis                        : 4 April 1976
Durasi                               : 138 menit

Film ini menceritakan suatu kejadian nyata yang benar-benar nyata pada tahun 70’an yang menceritakan bagaimana dua wartawan di media Washing Post, berjuang keras / memperjuangkan kebenaran pada kasus korupsi. Wartawan tersebut bernama Bob Woodward dan Carl Beinstein, wartawan ini mencari informasi menyelidiki kasus korupsi Watergate serta mencari orang-orang yang terlibat melakukan investigasi pada kasus Watergate, tidak mudah mendapatkan informasi bagi kedua wartawan ini lantaran banyak kendala, dan tidak mudah membuat narasumber untuk mengakui siapa-siapa saja yang terlibat dalam kasus Watergate, dan tidak gampang ketika kedua wartawaan itu membuka dan membongkar dokumen, catatan, nomor telepon, kartu perpustakaan hanya untuk mendapakan data-data akurat. Pada kenyataanya melibatkan orang nomor satu di negar adikuasa ini yaitu Presiden Richard Nixon terbukti terlibat. Kemudian pemberitaan yang ditulis oleh Bob Woodward dan Carl Beinstein mengakibatkan pengunduran diri Nixon, sehingga Nixon lengser dari kursi kepresidenan. Laporan Bob Woodward dan Carl Beinstein mereka tulis dalam buku dengan judul yang sama berjudul, All The president’s Men (1976).

Kelebihan
Film ini sangat menginspirasi dan sangat deatil disajikan, semua yang ditampilkan begitu nyata dan film ini sangat mendongkrak betapa pentingnya peran jurnalist dalam bidang perpolitikan.

Kekurangan
Karena terlalu banyak orang yang terkait dalam kasus tersebut maka banyak pula peran yang ad di dalam film inisehingga terdapt kendala dalam memahami jalan cerita dari film All The President’s Men.