Nama : Dewi Desyanti
Nim : 1402055167
Pengertian
Dan Tugas Masing-Masing Struktur Redaksi
Ø Pemimpin umum
Bertanggung jawab atas keseluruhan
jalannya penerbitan pers, baik kedalam
maupun keluar. Dapat melimpahkan
pertanggung jawaban terhadap hukum kepada pemimpin Redaksi sepanjang menyangkut
isi penerbitan (redaksional) dan kepada pemimpin usaha sepanjang menyangkut
pengusahaan penerbitan.
Ø Pimpinan Redaksi
Pemimpin redaksi
bertanggung jawab terhadap mekanisme dan aktivitas kerja keredaksian
sehari-hari. Ia harus mengawasi isi seluruh rubrik media massa yang di
pimpinnya. Disurat kabar manapun, pemimpin Redaksi menetapkan kebijakan dan
mengawasi seluruh kegiatan redaksional. Ia ber tindak sebagai jendral atau
komandan. Tugas seorang pemimpin redaksi secara lebih rinci:
1)
Orang yang memiliki otoritas
tertinggi di redaksi.
2)
Bertanggung jawab terhadap isi
redaksi penerbitan.
3)
Bertanggung jawab terhadap
kualitas produk penerbitan.
4)
Memimpin rapat redaksi.
5)
Memberikan arahan kepada semua tim
redaksi tentang berita yang akan dimuat pada setiap edisi.
6)
Menentukan layak atau tidaknya
suatu berita, foto, dan desain untuk sebuah penerbitan.
7)
Menjalin lobi-lobi dengan nara
sumber penting di pemerintahan, dunia usaha dan berbagai instansi.
8)
Bertugas melakukan pengawasan dan
pembinaan pada unit kerja yang berada di bawahnya seperti redaktur pelaksana,
koordinator peliputan, manajer produksi, para redaktur, wartawan, layouter,
design grafis, hingga tenaga pracetak.
Ø Redaktur Pelaksana
Dibawah pemred biasanya ada redaktur pelaksana. Tanggung jawabnya
hampir sama dengan pemred, namun lebih bersifat teknis. Dialah yang memimpin
langsung aktivitas peliputan dan pembuatan berita oleh para reporter dan
editor. Rincian tugas seorang redaktur pelaksana secara lebih rinci :
1)
Bertanggung jawab terhadap
mekanisme kerja redaksi sehari-hari.
2)
Memimpin rapat perencanaan, rapat
cecking, dan rapat terakhir sidang redaksi.
3)
Membuat perencanaan isi untuk
setiap penerbitan.
4)
Bertanggung jawab terhadap isi
redaksi penerbitan dan foto.
5)
Mengkoordinasi kerja para redaktur
atau penanggung jawab rubrik/desk.
6)
Mengkoordinasi alur perjalanan
naskah dari para redaktur ke bagian setting atau layout.
7)
Mewakili pemred dalam berbagai
acara baik di tugaskan atau acara mendadak.
8)
Mengembangkan, membina, menjalin
lobi dengan sumber-sumber berita.
9)
Mengedit naskah, data, judul, foto
para redaktur.
10)
Mengarahkan dan mensuvervisi kerja
para redaktur dan reporter.
Ø Redaktur Rubrik
Redaktur (editor)
sebuah penerbitan pers biasanya lebih dari satu. Tugas utamanya
Adalah melakukan
editing atau penyuntingan, yakni aktivitas penyeleksian dan perbaikan naskah
yang akan dimuat atau disiarkan. Di internal redaksi, mereka disebut redaktur desk(desk
editor), redaktur bidang atau redaktur halaman karena bertanggung jawab penuh
atas isi rubrik tertentu dan editingnya. Seorang redaktur biasanya menanggani
satu rubrik, misalnya rubrik ekonomi, luar negeri, olahraga, dsb. Karena itu ia
dikenal pula dengan sebutan “jabrik” atau penanggung jawab rubrik.
Berikut tugas redaktur
secara lebih rinci :
1)
Mengusulkan dan menulis suatu
berita dan foto yang akan di muat untuk edisi mendatang.
2)
Berkoordinasi dengan fotografer
dan riset foto dalam pengadaan foto untuk setiap penerbitan.
3)
Membuat lembar penugasan atau Term
Of Reference (TOR) kepada para reporter dan fotografer.
4)
Mengarahkan dan membina reporter
dalam mencari berita dan mengejar sumber berita.
5)
Memberikan penilaian kepada
reporter baik penilaian kualitas maupun kuantitatif
Ø Wartawan (Reporter)
Dibawah para editor adalah para reporter. Mereka merupakan “prajurit” di
bagian redaksi. Mencari berita lalu membuat atau menyusunnya, merupakan tugas
pokoknya. Reporter adalah jabatan terendah pada bagian redaksi. Tugasnya adalah
melakukan reportase (wawancara dan sebagainya kelapangan). Karena itu merekalah
yang biasanya terjun langsung ke lapangan, menemui nara sumber, dan sebagainya.
Tugas seorang reporter secara lebih rinci :
1)
Mencari dan mewawancarai sumber berita
yang ditugaskan redaktur atau atasanya.
2)
Menulis hasil wawancara,
investasi, laporan kepada redaktur atau atasannya.
3)
Memberikan usulan berita kepada
redaktur atau atasannya terhadap suatu informasi yang dianggap penting untuk di
terbitkan.
4)
Membina dan menjalin lobi dengan
sumber-sumber penting di berbagai instansi.
5)
Menghadiri acara press confrenss
yang ditunjuk redaktur, atasannya atau atas inisiatif sendiri.
Ø Fotografer (Juru Foto)
Fotografer (wartawan foto atau juru potret) tugasnya mengambil gambar
peristiwa atau objek tertentu yang bernilai berita atau untuk melengkapi
tulisan berita yang dibuat wartawan tulis. Ia merupakan mitra kerja yang
setaraf dengan wartawan tulisan (reporter).
Jika
tugas wartawan tulis menghasilkan karya jurnalistik berupa tulisan berita,
opini, atau feature, maka fotografer menghasilkan foto jurnalistik
(journalistic photography). Fotografer menyampaikan informasi atau pesan
melalui gambar yang ia potret. Fungsi foto jurnalistik antara lain
menginformasikan (to inform), meyakinkan (to persuade), dan menghibur (to
entertain). Tugas seorang fotografer secara lebih rinci :
1)
Menjalankan tugas pemotretan yang
di berikan redaktur atau atasannya.
2)
Melakukan pemotretan sumber
berita, suasana acara, aktivitas suatu objec lokasi kejadian, gedung, dan
benda-benda lain.
3)
Mengusulkan konsep desain untuk
cover majalah.
4)
Menyediakan foto-foto untuk
mendukung naskah, artikel, dan berita.
5)
Mengarsip foto-foto, film
negative, atau compct disk bagi kamera digital.
6)
Melaporkan setiap kegiatan
pemotretan kepda atasan.
7)
Mempertanggung jawabkan setiap
pemakaian filem negaive, baterai dll.
Ø Pemimpin Perusahaan
Seorang pemimpin perusahaan sama halnya dengan para pemimpin lainya
yang mana memiliki tugas dan tanggung jawab dalam pengambilan keputusan, menetapkan
sasaran dan menyusun kebijaksanaan. Secara umum seorang pemimpin harus :
1)
Melaksanakan fungsi managerial,
yaitu berupa kegiatan pokok meliputi pelaksanaan penyusunan rencana, penyusunan
organisasi dan pelaporan.
2)
Mendorong (memotivasi) bawahan untuk
dapat bekerja dengan giat dan tekun.
3)
Membina bawahan agar dapat memikul
tanggung jawab tugas masing-masingsecara baik.
4)
Membina bawahan agar dapat bekerja
secara efectif dan efisien.
5)
Menciptakan iklim atau suasana
kerja yang baik dan harmonis.
6)
Menyusun fungsi manajemen secara
baik.
7)
Menjadi penggerak yang baik dan
dapat menjadi sumber kreativitas.
8)
Menjadi wakil dalam membina
hubungan dengan pihak luar.
Ø Manager Sdm
Dalam sebuah perusahaan terutama yanga mempekerjakan ratusan hingga
ribuan karyawan, manager Sumber Daya Manusia atau manager SDM mempunyai peran
yang penting. Manager SDM ini berperan dalam merencanakan, mengarahkan, dan
mengkordinasikan fungsi administrasi suatu organisasi. Mereka mengawasi
perekrutan, mewawancarai, dan mempekerjakan karyawan baru, melakukan konsultasi
dengan pimpinan puncak mengenai rencana strategis, bertindak sebagai penghubung
antara manajemen perusahaan dengan karyawannya.
Ø Manager Keuangan
Sebagai jabatan penting dalam perusahaan, seorang manager harus
mengetahui semua hal yang berkaitan dengan keuangan. Karena manager keuangan
tidak jauh dari analisis keuangan, perencanaan keuangan sampai keputusan
investasi. Tugas seorang manager secara lebih rinci :
1)
Manager keuangan bekerja sama
dengan manger lain, bertugas merencanakan dan meramalkan beberapa aspek dalam
perusahaan termasuk perencanaan umum keuangan perusahaan.
2)
Manager keuangan bertugas
mengambil keputusan penting investasi dan berbagai pembiayaan serta semua hal
yang terkait dengan keputusan tersebut.
3)
Manager keuangan bertugas dalan
menjalankan dan mengoperasikan roda kehidupan perusahaan seefisien mungkin
dengan menjalin kerja sama dengan manager lainnya.
4)
Manager keuangan bertugas sebagai
penghubung antara perusahaan dengan pasar keuangan sehingga bisa mendapatkan
dana dan memperdagangkan surat berharga perusahaan.
5)
Merencanakan, mengatur, dan
mengontrol perencanaan, laporan dan pembiayaan perusahaan.
6)
Mengatur, merencanakan, dan
mengontrol pengembangan sistem dan prosedur keuangan perusahaan.
Secara ringkas tugas
utama seorang manager keuangan adalah tugas utamanya berhubungan dengan
keputusan investasi dan pembiayaan perusahaan yang berpengaruh terhadap laju
pertumbuhan perusahaan.
Ø Manager Periklanan
Ini salah satu elemen berhasilnyalembaga
penerbitan/penyiaran. Sebuah tim periklanan yang kuat dapat menentukanarus
masuk kas keuangan. Bagian ini juga kadang menjadi parametermapan-tidaknya
sebuah lembaga penerbitan/penyiaran.
Tugas
seorang manager periklanan secara rinci :
1)
Mempersiapkan anggaran dan menyerahkan
perkiraan untuk biaya program sebagai bagian dari pengembangan rencana
kampanye.
2)
Merencanakan dan mempersiapkan iklan dan
materi promosi untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa, bekerja dengan
pelanggan, pejabat perusahaan, departemen penjualan dan biro iklan.
3)
Membantu dengan anggaran pembangunan tahunan.
4)
Periksa layout dan naskah iklan dan mengedit
script, audio dan video tape dan materi promosi lainnya untuk kepatuhan
terhadap spesifikasi.
5)
Mempersiapkan dan menegosiasikan kontrak iklan
dan penjualan.
6)
Berunding dengan klien untuk memberikan saran
pemasaran atau teknis.
Ø Manager
Produksi
Manager
produksi atau operasi menerapkanproses manajemenini pada pengambilan keputusan
dalam fungsi manajemen roduksi/operasi. Tugas seorang manager produksi secara
lebih rinci :
1)
Desain produk dan jasa, yakni bertanggung
jawab terhadap masalah barang atau jasa, apakah yang seharusnya ditawarkan dan
bagaimana mendesain produk atau jas tersebut.
2)
Manajemen mutu yakni bertanggung jawab
terhadap kualitas dan bagaimana mendefinisikan kualitas.
3)
Bertanggung jawab terhadap proses apa yang
dibutuhkan oleh produk ini dan berapa kapasitas yang tersedia.
4)
Bertanggung jawab terhadap lokasi menempatkan
fasilitas dan berdasarkan kriteria.
Desain
tata letak, yakni bertanggung jawab terhadap bagaimana menyusun fasilitas dan
seberapa besar fasilitas yang dibutuhkan untuk me