Senin, 01 Juni 2015



Moch Ibrahim
1402055074


Menanam Bonsai Diusia Senja


Makroman- Seorang lansia yang masih bekerja sebagai pegawai kantor kelurahan makroman ini lebih memilih menekuni dan mengembangkan kreatifitasnya untuk menanam bonsai, ketimbang melakukan aktivitas yang lain.
Bonsai sendiri memiliki arti yaitu tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas.
Dalam kegiatan penanaman dan pembentukan bonsai, Samingun mengunakan alat sepeti kawat, tang (catut), sabit, gergaji kecil, dan alat pendukung lainnya, sedangkan tanaman yang akan dijadikan bonsai deperoleh dari lingkunyan sekitar.
“kalau pohonnya mbah ambil dari lingkunyan sekitar saja, soalnya kalau beli mbah tidak sanggup, seperti bonsai pohon beringin itu mbah memotong dari batang pohon beringin yang ada di depan rumah, kalau yang kantil putih itu mbah minta sama keponakan, kebetulan rumahnya bersebelahan saja, dan yang bintang seribu itu mbah mengambil di hutan dekat kebun, kebetulan mbah juga punya kebun,” cakap Samingun.
Menurut Samingun, menanam dan membentuk bonsai bisa menghilangkan stress setelah bekerja selama seharian.
“mbah senang menanam seperti ini, biarpun rumit tapi kalausudah fokus membentuk bonsainya terkadang sampai lupa waktu, kemarin juga ketika sedangmembentuk bonsai yang berbentuk kura-kura itu ketika selesai tiba-tiba sudah gelap, tapi mbah senang, namanya sudah hobi biar rumitnya sepetri apapun tetap saja dilakoni”. Cakap lansia tersebut.

Makroman, kamis 26 februari 2015