Selasa, 02 Juni 2015

M. Fachrian Noor Hidayat
1402055145



Analisis Berita  Kasus CDB Dekan  Fakultas Pertanian Unmul


                Dari berita di atas analisis yang saya dapat dari penulis yang menulis berita tersebut adalah pembuat berita ini menggunakan salah satu elemen jurnalisme yaitu jurnalisme itu mengejar kebenaran (truth). Dimana truth ini adalah suatu proses yang dimulai dengan disiplin professional dalam pengumpulan dan verifikasi kata. Wartawan kemudian berusaha menyampaikan makna tersebut dalam sebuah laporan yang adil dan terpercaya. Wartawan harus sedapat mungkin bersikap transparan mengenai sumber-sumber dan metode yang dipakai, sehingga khalayak dapat menilai sendiri informasi yang disajikan. Kebenaran, pada saatnya, akan muncul dari forum tersebut.
            Dari kasus CDB atau Dekan Fakultas Pertanian Unmul tersebut terdapat beberapa bukti yang ditulis dari sang wartawan, apa yang terjadi dalam kasus yang menimpa CDB. Selain itu menyebutkan juga berapa nominal uang yang disalah gunakan dan kemana uang tersebut dipergunakan.
            Disini dapat kita lihat CDB menerangkan bahwa ia tidak bersalah  dan dana tersebut sudah diberikan kepada pihak lain  yang bersangkutan. Sebagai seorang wartawan, penulis wajib melindungi kebebasan peran jaga ini dengan tidak merendahkannya namun juga tidak memihak. Kebebasan adalah syarat  dasar dari jurnalisme. Ia menjadi sebuah landasan  dari kepercayaan.  Kebebasan jiwa dan pemikiran bukan hanya netralitas adalah prinsip yang harus dijaga oleh wartawan. Walau bagaimana pun waratawan berusaha mencari kebenaran yang sebenarnya.