Rabu, 03 Juni 2015



NAMA : ROCHMATUL IQBAL
NIM : 1402055135




Usaha percatakan dan Fotocopy



   Kunjungan saya di kediaman bapak Roy dan keluarga. Rumah mereka diubah menajadi sebuah tempat percetakan, serta foto kopi. Sudah berjalan hamper sepuluh tahun fotocopy indra yang sudah beroperasi, mampu mengembangkan usaha mereka ini mampu mencapai omset Rp.5.000.000,- per minggunya. Fotocopy indra selalu menerima pesanan dari beberapa kantor yang kebetulan dekat dengan rumah mereka. Jadi, sebelum mereka membuka usaha tersebut, fotocopy indra sudah memikirkan tempat dan usaha yang cocok untuk daerah rumah tinggalnya.

   Siang sekitar pukul 11.20 setempat, saya mengunjungi sebuah rumah di jalan Milono, gang 1, Rt.12 kecamatan bugis tempat usaha fotocopy indra berada. Ditengah kunjungan, saya ingin menemui bapak Roy sang pemilik, namun pada saat itu beliau sedang tidak ada dirumah. Akhirnya saya bertemu dengan anak dari pemilik fotocopy tersebut yang bernama indra. Kebetulan indra adalah teman saya pada saat masih mengikuti sekolah sepak bola milono. Ditengah kunjungan, saya melihat indra sedang merapikan catakan undangan pernikahan, dan disitulah saya mewawancarainya. Awalnya dari pemikiran bapak yang mengaku di daerah milono tidak terdapat fotocopy, yang membuat kantor PNS di dekat milono menjadi susah, akhirnya bapak dan ibu saya membuka usaha percetakan dan fotocopy”. Ujar Indra saat ditemui.
   Selama ini fotocopy indra hanya menyediakan usaha fotocopy dan percetakan. Pelan tapi pasti keluarga roy menambah usaha mereka dibidang percetakan yang lain, mulai dari penambahan modal,serta penyediaan tempat yang strategis. “Biar pelanggan lebih puas dan mau kembali lagi,” kata Indra.