Sabtu, 06 Juni 2015

Nino Aldilla Kusumawardani
1402055073

RESENSI FILM ALL THE PRESIDENT’S MEN

Sutradara               : Alan J. Pakula
Produser                : Walter Coblenz
Penulis                   : William Goldman
Penyunting            : Robert L. Wolfe
Tanggal rilis           : 4 april 1976
Negara                   : Amerika Serikat


          Dari film tersebut, mengisahkan dua orang wartawan hebat dari salah satu media The Washington Post yang mampu menjatuhkan presiden Amerika Serikat yang bernama Richard Nixon. Kedua wartawan hebat ini yaitu Bob Woodward dan Carl Bernstein. Mereka berdua merupakan wartawan terbaik dalam menciptakan berita disepanjang sejarah pers dunia dengan melakukan penyelidikan pada kasus Skandal Watergate yang melibatkan presiden Amerika Serikat.
          Kisah ini dimulai dari adanya informasi bahwa ada lima orang penyusup ke Kantor Pusat Partai Demokrat di komplek Watergate Amerika Serikat. Woodward diperintahkan oleh media redaksinya Washington Post untuk meliput persidangan kelima penyusup tersebut di sebuah pengadilan. Woodward merasa bahwa kasus itu bukan kasus yang biasa, karena kalima orang tersebut penah terlibat di CIA dan merupakan orang-orang dari Partai Republik. Kasus ini menjadi tambah rumit setelah diketahui bahwa Presiden Amerika Richard Nixon ikut terlibat.
          Woodward dibantu oleh Brenstein untuk menguak kasus skandal politik terbesar di Amerika Serikat itu. Mereka menyelidiki kasus kecurangan pemilu yang banyak melibatkan institut Negara. Kasus ini dikenal dengan Skandal Watergate. Woodward dan Bernstein bekerja keras untuk memecahkan masalah ini. Mereka mendatangi berbagai kantor, menelepon berbagai nama, merayu berbagai narasumber  dengan sejuta trik untuk mengonfirmasikan temuan mereka.
          Investigasi ini memakan waktu yang cukup lama, berkisar antara tahun 1972-1974. Di sini mereka menemukan banyak hambatan dalam melakukan investigasi. Woodward dan Bernstein tidak hanya dituntut untuk menuliskan berita secara tepat, tetapi juga harus lebih cepat dari media saingan mereka yaitu New York Times.
          Begitu panjang perjuangan kedua wartawan ini, hingga akhirnya kerja keras mereka membuahkan hasil. Dan Skandal Watergate ini berujung pada pengunduran diri Richard Nixon dari kursi kepresidenan.

Kesimpulan: Terlalu banyak tokoh dalam film, sehingga membuat penonton yang tidak konsen menjadi salah fokus. Keseluruhan ini termasuk film yang sangat bergengsi, cerita nya bermanfaat dan tidak murahan.