Kamis, 04 Juni 2015


Dwi Puteri Ananda
1402055151





STRUKTUR MEDIA DAN TUGASNYA

PEMIMPIN UMUM, bertanggung jawab atas keseluruhan jalannya penerbitan pers. Ia dapat melimpahkan pertanggung jawabannya terhadap hukum kepada pemimpin redaksi sepanjang menyangkut isi penerbitan (redaksional) dan kepada pemimpin perusahaan sepanjang menyangkut pengusahaan penerbitan.

PEMIMPIN REDAKSI, bertanggung jawab terhadap mekanisme dan mengawasi isi seluruh rubrik media massa yang di pimpimnya. Ia bertindak sebagai jendral atau komandan yang di perintah atau kebijakannya harus di patuhi bawahanya. Dia pula umumnya yang bertanggung jawab jika pemberitaan medianya atau wartawannya “digugat” pihak lain

WAKIL PIMPINAN REDAKSI, membantu pemimpin redaksi dalam menjalankan tugasanya.

PEMIMPIN PERUSAHAAN, membawahkan bagian pemasaran, sirkulasi, iklan, promosi, personalia, umum, keuangan, dan sebagainya.

REDAKTUR PELAKSANA, memimpin langsung aktivitas peliputan dan pembuatan berita oleh para wartawan dan editor.

REDAKTUR DESK / EDITOR, bertanggung jawab penuh atas rubrik-rubrik yang dipercayakan untuk dikelola. Tugas utama mereka antara lain bertanggung jawab untuk menentukan, menyeleksi, dan mengedit serta mengoreksi pembuatan judul, tema dan naskah yang akan dimuat pada rubrik yang menjadi tanggung jawabnya

REDAKTUR BAHASA, menjaga keseragaman bahasa yang di pergunakaan dalam penulisan berita / artikel yang menjadi gaya pengubahan bahasa / kalimat agar lebih menarik, sederhana, dan singkat sesuai prinsip ekonomis bahasa jurnalistik.

REPORTER / WARTAWAN, merupakan prajurit di bagian redaksi mencari berita lallu mebuat atau menyusun, merupakan tugas pokoknya. Kegiatan mencariberita pada prinsipnya bisa di kerjakan setiap waktu,bergantung pada mood, peristiwa yang terjadi atau ada-tidaknya penugasan dari redaksi.

POTOGRAPHER, juru gambar atau mengambil gambar untuk menambah daya tarik berita.

SETTING, juru ketik naskah, ia bertugas mengetik naskah yang akan dimuat.

KOREKTOR, bertugas membetulkan kesalahan ketik pada naskah yang siap di cetak.

MANAJER SDM, mengatur dan merencakan segala sesuatu yang berkaitan dengan hak dan kewajiban setiap sdm atau karyawan dalam perusahaan. Manajemen ini termasuk dalam manajemen kinerja karyawan, pelatihan dan pendidikan karyawan, administrasi, komunikasi, komunikasi, gaji dan kompensasi, kesehatan, keamanan, hingga pengembangan organisasi.
MANAJER KEUANGAN, merupakan sorang yang mempunyai hak dalam mengambil keputusan yang penting dalam suatu bidang investasi dan pembelajaran perusahaan serta bertanggung jawab dalam bidang keuangan pada suatu perusahaan.

MANAJER PERIKLANAN, karyawan eksekutif di perusahaan produsen yang menangani periklanan serta memilih media.

MANAJER PRODUKSI, bertanggung jawab atas pelaksanaan rencana produksi agar dapat dicapai hasil produk sesuai jadwal.

MANAJER SIRKULASI, bertanggung jawab atas perencanaan strategi dan eksekusi penjualan strategi dan eksekusi penjualan produk media.