Kamis, 04 Juni 2015



Nama : Dherizdo Abdullah
Nim  : 1402055166

Penipuan berkedok meminta sumbangan   
Satu unit laptop raib di curi

SAMARINDA. Rabu (25/2) lalu di kawasan Sempaja telah terjadi pencurian di rumah salah seorang mahasiswa Unmul yang mengakibatkan hilangnya satu unit laptop beserta data data yang berada dalam laptop tersebut.

Kejadian tersebut terjadi pada hari rabu 25 februari pada waktu berkisar anatara 07.00 s/d 08.00 wita pada malam hari, bertempat di rumah kontrakan yang ditempati oleh mahasiswa tersebut.

Didalam rumah tersebut yang biasanya ditempati oleh 3 orang tetapi ketika kejadian berlangsung di rumah tersebut hanya terdapat seorang mahasiswa dirumah tersebut yang membuat pelaku merasa aman melakukan tindak kejahatannya.

Kejadian berlangsung karena keteledoran dari slah satu mahasiswa yang bertempat tinggal dirumah tersebut, “Dia (tersangka) tiba - tiba saja datang dari pintu samping tanpa mengetok ataupun memberi salam terlebih dahlu sebelum masuk kedalam rumah, dia mengaku dari Rt meminta uang sumbangan bulanan dan karena saya merasa terganggu saya langsung memberikan uang sebesar 20 ribu dan mungkin karena keteledoran saya yang mengakibatkan hilangnya satu unit laptop beserta tas saya dicuri” ujar M (nama inisial) dan menurut dari salah satu saksi mengatakan “ Saya melihat seorang pria dengan rambut gondrong dengan membawa tas selempang laptop dan berkata kepada saya dengan perkataan yang sok akrab, dan karena saya tidak terlalu familiar dengan tetangga saya yang baru-baru ini pindah jadi saya kira dia salah satu dari dari tetangga atau teman dari tentangga saya, jadi saya tidak terlalu curiga” ujar K (nama inisial)

Meskipun tempat tersebut dikatakan oleh warga setempat aman, tetapi masih terjadi tindak kriminalitas karena terjadi kesempatan yang diberikan oleh seorang korban yang membuat tersangka memilki kesempatan.