Selasa, 02 Juni 2015

NAMA  :  Kurniady Yusuf
NIM      :  1402055157

“Resensi/Analisa Film The All President Men”


Film ini menceritakan kasus yang sangat terkenal yang penuh dengan konspirasi, kasus ini di usut oleh dua jurnalis yang jam terbangnya sebagai wartawan belum lah terlalu terkenal, dua jurnalis ini bernama Bob Woodwart dan Carl Bernstein. Kasus yang mereka tangani ini di kenal dengan skandal “watergate”, asal kata watergate ini adalah dari salah satu tempat milik Partai Nasional Demokrat.
     Kasus ini bermula ketika adanya persidangan yang melibatkan lima orang terdakwa dan salah satu dari terdakwa tersebut adalah mantan konsultan keamanan CIA. Woodgate yang ketika itu hadir di persidangan ingin terus menggali kasus ini dan data data yang ia kumpulkan terus menguak bahwa adanya keterlibatan pemerintah Presiden Richard Nixon dan penasehat khusus Presiden dan para pejabat lainnya. Akan tetapi Woodwart tidak diperbolehkan mendalami kasus ini oleh para petinggi The Washington Post karena pengalaman si Woodwart ini di nilai masih kurang dalam dunia jurnalis. Setelah diadakannya rapat para pemimpin The Washington Post akhirnya Woodwart diberi lampu hijau untuk memperdalam kasus ini di temani oleh seorang jurnalis juga yang ditunjuk oleh pihak The Washington Post yaitu Carl Bernstein. Mereka berdua ini terus menelusuri kasus ini dan Woodwart menduga adanya keikutsertaan dari pihak Gedung Putih dalam pencurian dan penyadapan  di markas Partai Nasional Demokrat. Dan akhirnya pun terungkap bahwa orang orang dari Presiden Nixon menyabotase kampanye politik pihak lawan dan Presiden Nixon pun kembali terpilih menjadi Presiden. Akan tetapi hasil liputan ini ditolak oleh pihak The Washington Post karena mereka menilai kasus ini belum ada yang perlu di publikasikan.
   Mereka pun terus mengorek kasus ini lebih dalam lagi dan memanfaatkan jaringan yang mereka miliki yaitu seorang pegawai dari Gedung Putih untuk menjadikannya seorang informan dalam kasus ini dan tebukti strategi mereka ini jitu akhirnya pemberitaan skandal Watergate ini tersiarkan beberapa nama penting di pemerintahan pun mulai terseret ke ranah hukum dan dalam salah satu bukti Presiden Richard Nixon pun ikut terlibat dalam kasus ini ia menyutujui adanya spionase dalam kasus watergate ini. Pemerintahan Presiden Nixon pun hancur dan akhirnya Presiden Richard Nixon pun mengundurkan diri dari Presiden Amerika Serikat.