Selasa, 02 Juni 2015

Nama        : Mifta Feizar Erlangga

NIM        : 1402055134



Galunggung Pembawa Rezeki


            Pakaian-pakaian yang tidak laku terjual maupun bekas bukanlah sampah bagi Pak Arlan (33), melainkan sumber mata pencahariaannya sehari-hari. Tempat yang strategis di daerah dekat kampus dan dikelilingi pemukiman mahasiswa, tepatnya Jl.Gelatik disitulah Pak Arlan menggelar usahanya ini yang bernama “TOKO VICKY”.

                                                                                    Pewawancara : Mifta Feizar Erlangga
                                                                                                      NIM: 1402055134

Tanya  : Mulai kapan Anda memulai usaha ini?
Jawab  : Mulai tahun 2014, sudah 7 bulan saya buka usaha ini.
Tanya  : Berapa modal yang diperlukan?
Jawab  : Awalnya saya buka usaha cuman modal 3,5 juta.
Tanya  : Berapa keuntungan yang Anda peroleh selama sebulan?
Jawab  : Keuntungan tidak tentu ya, biasanya dapat penghasilan Rp. 1.500.000 sampai Rp. 10.000.000 per hari kalau lagi laris-larisnya.
Tanya  : Apakah penghasilannya cukup untuk hidup sehari-hari?
Jawab  : Ya, alhamdulillah, mencukupilah. Kadang-kadang juga banyak lebihnya kalau barang lagi laris-larisnya.
Tanya  : Pada saat kapan saja usaha Anda ramai?
Jawab  : Ramai itu kalau lagi hari kamis sama senin ya, soalnya ada banyak barang baru yang datang.

Tanya  : Jenis barang apa aja yang paling laris?
Jawab  : Yang paling laris itu biasanya kemeja, flanel, sama jaket parasut.
Tanya  : Darimana membeli barang dagangannya?
Jawab  : Barang yang saya jual ini dari Korea, tapi saya ngambil dari suplier di Sulawesi.
Tanya  : Transportasi apa yang digunakan buat kirim barang dagangan Anda dari Sulawesi ke Samarinda?
Jawab  : Saya ngirimnya lewat kapal laut, jadi biayanya agak murah.
Tanya  : Berapa ongkos kirimnya kalau lewat kapal laut?
Jawab  : Ongkos kirimnya ya sekitaran Rp. 250.000 per karungnya.
Tanya  : Anda buka usaha galunggung ini perlu karyawan tidak?
Jawab  : Ya perlu sekali, kalau barang lagi datang kan banyak ya, jadi susah kalau harus ngebongkarnya sendirian. Saya punya 2 orang pekerja disini.
Tanya  : Berapa gajinya untuk karyawan Anda?
Jawab  : Gaji karyawan Rp. 1.250.000/bulannya.
Tanya  : Apakah tempat usaha ini milik Anda sendiri?
Jawab  : Bukan, tempat ini saya sewa. Dulu sempat buka usaha kecil-kecilan dirumah, karena mulai ramai jadi saya pindah kesini.
Tanya  : Biaya sewanya berapa kalau disini?
Jawab  : Sewanya Rp. 1.200.000/bulan
Tanya  : Apakah hanya di sini buka usahanya? Ada tempat yang lain?
Jawab  : Ya, sejauh ini saya sudah buka 3 cabang. Salah satunya disini, yang lainya ada di Jl. Perjuangan dan di daerah Sungai Mariam.
Tanya  : Siapa saja biasanya yang sering membeli pakaian disini?
Jawab  : Banyak ya, dari orang tua, anak sekolah, tapi kebanyakan mahasiswa.
Tanya  : Apa sih alasan Anda membuka usaha ini?
Jawab  : Saya buka usaha ini karena dulu istri saya minta dibukakan usaha, jadi daripada tidak ada kerjaan di rumah ya jadi dia minta dibukakan usaha.
Tanya  : Apakah Anda punya usaha lain selain usaha ini?
Jawab  : Ya, sebelum saya membuka usaha galunggung ini dulunya saya usaha TV Kabel, sampai sekarang masih jalan.
Tanya  : Apakah ada hambatan selama Anda melakoni usaha ini?
Jawab  : Alhamdulillah, sejauh ini belum ada dan harapannya sih lancar-lancar saja.
Tanya  : Ada nggak harapan Anda kedepan dengan usaha ini?
Jawab  : Ya harapannya semoga aja nggak ada kendala-kendala, dan semoga usaha saya makin tahun semakin besar, biar bisa diteruskan sama anak-anak saya. Intinya ya semakin sukses aja.