Senin, 01 Juni 2015

Nama : Poltak Rizki
NIM     : 1402055085

All The President’s Men, Film Berunsur Jurnalistik
Yang Menguak Sejarah Skandal Pemerintahan
Amerika Serikat

Sutradara                     : Alan J. Pakula
Produser                      : Walter Coblenz
Pemeran Utama           : Robert Redford, Dustin Hoffman, Jason Robards
Durasi                         : 138 Menit
Rilis                             : 4 April 1976
Genre                          : Drama, sejarah

          Film ini berawal dari tertangkap basahnya 5 pelaku spionase dan penyadapan di kompleks perhotelan Watergate yang merupakan salah satu kantor dari Partai Demokrat. Kemudian dua orang jurnalis dari The Washington Post mencoba untuk menguak kasus yang mereka anggap penuh dengan konspirasi ini. Dua jurnalis tersebut adalah Bob Woodward dan Carl Bernstein.
            Bob Woodward (Robert Redford) adalah seorang wartawan yang ditugaskan bersama dengan Carl Bernstein (Dustin Hoffman) oleh editor The Washington Post, Ben Bradlee (Jason Robards) untuk menyelidiki kasus penyusupan 5 orang pencuri ke kantor Partai Demokrat di kompleks perhotelan Watergate. Kasus ini mulai terdengar janggal setelah salah satu dari lima terdakwa yang bernama James McCord adalah seorang pensiunan konsultan keamanan di CIA (Central Intelligence Agency).
            Dengan bantuan Deep Throat, seorang informan anonim dan pejabat senior pemerintah yang dikenal oleh Bob Woodward, mereka kemudian memulai penyelidikan dan mencari data dengan metode penelitian jurnalistik untuk mencari tahu fakta yang sebenarnya. Melalui penyelidikan ini mereka akhirnya mendapat data-data dari para saksi yang mulai mengarah pada kebenaran dari kasus Watergate ini. Semakin banyak data yang dikumpulkan Woodward dan Bernstein semakin menunjukan adanya keterlibatan pemerintahan presiden Richard Nixon, termasuk Penasehat Khusus Presiden dan beberapa pejabat penting lainnya.
            Pemberitaan tentang skandal Watergate yang tersiarkan membuat Gedung Putih mulai gelisah. Aksi mereka berdua membawa beberapa nama penting di pemerintahan Amerika Serikat tersangkut dalam kasus ini. Terkuaklah konspirasi pejabat tinggi Gedung Putih dalam kasus Watergate. Dalam proses peliputan, Woodward dan Bernstein tak pernah menyerah mencari data dari orang-orang yang bekerja di Komite Pemilihan Kembali Presiden Richard Nixon. Hal ini membuat agen khusus negara bertindak. Mereka berdua kerap dibuntuti dan diawasi tiap kali mereka melakukan tugas. Bahkan, komunikasi yang dilakukan mereka bisa jadi disadap. Deep Throat lah yang memberitahukan hal itu kepada Woodward.
Tapi Woodward dan Bernstein tetap terus melanjutkan penyelidikan. Hingga pada akhirnya, dalam persidangan di pengadilan, nama-nama yang diungkap Woodward dan Bernstein dalam skandal kasus Watergate dinyatakan bersalah. Dalam salah satu bukti menyatakan bahwa Richard Nixon terbukti terlibat. Ia menyetujui kegiatan penyadapan dalam kasus Watergate. Pemerintahan Nixon hancur, dan kekuasaannya melemah. Akhirnya pada 9 Agustus 1974, Richard Nixon menyatakan mengundurkan diri sebagai presiden Amerika Serikat dan digantikan oleh Gerald Ford. Ini adalah pertama kalinya seorang presiden Amerika Serikat mengundurkan diri setelah 36 presiden sebelumnya.
Analisis
Kelebihan
All The President’s Men merupakan sebuah film jurnalistik yang dibuat dengan sangat baik. Melalui film ini, kita dapat mengetahui bagaimana pekerjaan seorang wartawan sehari-hari dalam memburu berita. Kita juga diberikan pendidikan atau pengetahuan tentang sejarah Skandal Watergate dengan alur ceritanya yang mengalir dengan sangat baik.
Selain itu para pemeran dari film ini sendiri sangat mendalami peran mereka masing-masing dengan ekspresi dan pemahaman watak mereka yang sangat alami dan tidak berlebihan membuat kita bisa menikmati film ini tanpa merasa bosan.
Film ini juga menyajikan proses-proses jurnalistik atau pembuatan berita seperti wawancara, pengumpulan data, penulisan berita serta klarifikasi dan follow up berita.
Kekurangan
            Walaupun alur ceritanya mengalir dengan baik, kita tetap memerlukan sumber lain tentang Skandal Watergate untuk bisa benar-benar memahami keseluruhan isi film ini.
            Karena film ini mengambil cerita tentang kisah nyata kasus Watergate, membuat kita di jejali dengan banyaknya nama-nama yang terlibat ataupun disebutkan membuat kita kehilangan fokus pada isi cerita, sehingga harus mengulang pada adegan-adegan tertentu.
Saran

            All The President’s Men merupakan sebuah drama jurnalistik berbau sejarah yang sempurna yang diadaptasi dari novel yang ditulis sendiri oleh Bob Woodward dan Carl Bernstein selaku pelaku sejarah. Menurut Saya All The President’s Men adalah film yang wajib ditonton oleh orang-orang yang bekerja di bidang jurnalistik. Sedangkan bagi orang-orang awam atau yang bekerja diluar bidang jurnalistik, cerita yang disajikan film ini cukup berat untuk diserap dan dimengerti. Tapi secara umum All The President’s Men merupakan tontonan serius namun menghibur.