Selasa, 02 Juni 2015

Nama : Atikah Widyanisa
NIM : 1402055130



Pewawancara : Atikah Widyanisa (AW)
Narasumber : Iwan Suyono

Teriknya matahari tak mematahkan semangat mas Iwan untuk menafkahi keluarganya.. Beliau tetap berjuang menjual es cincau hijau agar mendapatkan penghasilan yang akan dibagikan kepada istri dan anak-anaknya.. pada siang hari itu saya sedikit mewawancarai Beliau..


AW : siang mas.. saya Atikah Widyanisa dari Mahasiswi Unmul, sedang ada tugas wawancara. Boleh saya ganggu waktunya sebentar?
IS : Siang mba, oh iya boleh mba..
AW : Jualan apa nih mas?
IS : Es cincau hijau mba
AW : ooh.. sebelumnya nama mas siapa?
IS : Iwan Suyono
AW : Oh mas Iwan Suyono
IS : iya mba..
AW : mas suku nya dari mana?
IS : saya dari jawa mba
AW : disini merantau atau gimana?
IS : saya disini sudah lama mba orang tua saya saja yang disana, saya dari umur 20 tahun sudah ada disini, di samarinda
AW : ooh gitu..umurnya mas berapa sekarang?
IS : umur saya 34 tahun
AW : mas sudah menikah?
IS : sudah mba
AW : sudah punya anak?
IS : Alhamdulillah sudah juga
AW : anaknya umur berapa aja dan pendidikannya bagaimana?
IS : anak saya ada 2 mba, yang pertama SD kelas 3 umurnya 8 tahun, yang kedua belum sekolah masih umur 4 tahun
AW : oh..masih kecil-kecil ya mas. Mas kalau boleh tau nih, modal awal dulu mas jualan ini berapa ya? Dulu awalnya..
IS : berapa ya kalau tidak salah sekitar Rp 500.000 mba
AW : oh gitu.. lalu mas, sekarang untung yang di dapat bersih dan kotornya berapa ya?
IS : bersihnya sih biasanya perhari Rp 100.000 gitu  mba bisa lebih bisa kurang, kalau kotornya kira-kira sekitar Rp 150.000-200.000
AW : ooh begitu..pernah ga sih mas mengalami penurunan yang drastis? Pembeli sepi berhari-hari gitu?
IS : pastinya pernah mba kalau jualan pasti pernah mengalami yang namanya penurunan drastic, penghasilan hanya cukup beli nasi bungkus buat makan anak-anak aja mba, saya yang penting anak-anak
AW : kalau udah sepi gitu apa yang mas lakukan?
IS : yaa mau gimana lagi mba, berdoa aja supaya diberi rezeki lebih sama Allah
AW : bagaimana  nih mas cara mempertahankan usaha ini agar slalu diminati oleh para pembeli?
IS : gimana ya mba, kalau saya sih ya yang penting rasanya jangan sampai ada yang berubah, jadi tidak enak atau tidak manis gitu kan soal rasa itu yang utama dan harga nya juga gak di mahalin
AW : istri mas kerja atau ibu rumah tangga ?
IS : kadang-kadang jualan juga mba dirumah tapi gak setiap hari
AW : oh gitu, oke.. mas gini, kan anak-anak mas nanti akan tumbuh dan perlu pendidikan yang lebih tinggi lagi nah apakah mas akan cari kerja yang penghasilannya lebih lagi atau cukup kerja ini saja? Secara kan semakin kesini biaya untuk sekolah itu mahal, banyak keperluan yang akan di butuhkan oleh anak-anak mas kelak
IS : ya saya sangat memikirkan hal itu mba, tapi yaa apa daya saya kurang memiliki bakat. Ini juga dulu dikasih sama orang mba grobaknya hanya gratisan saja dan kalau memang ada orang yang berbaik hati saya mau mba bekerja yang lebih mapan karna saya tahu kebutuhan anak-anak saya sangat banyak. Saya hanya ingin anak saya melanjutkan pendidikannya melebihi saya, saya ingin mereka kuliah juga seperti mba..
AW : aamiin mas saya doakan..jadi kalau misalnya ada seseorang yang menawarkan mas kerja yang lebih baik lagi lebih mapan, mas bersedia?
IS : saya sangat bersedia mba demi anak-anak saya..
AW : oke kalau begitu mas. Terimakasih atas waktu nya ya, saya doakan yang terrbaik untuk mas dan keluarga..