Rabu, 03 Juni 2015



Nama : Winarsih
Nim    : 1402055158

 

All The President’s Men

All the President’s men adalah film tahun 1976 yang didasarkan pada novel All the President’s men karya Bob Woodward dan Carl Bernstein yaitu dua orang jurnalis yang menyelidiki skandal Watergate untuk Washington Post.
Data film
Sutradara Alan    : J. Pakula
Produser        : Walter Coblenz
Pemeran utama    : Dustin Hoffman dan Robert Redford
 Sineas            : Warner Bros
Tanggal rilis        : 4 April 1976


Film ini bermula dari kasus pencurian dan penyadapan di salah satu markas milik partai Nasional Demokrat. Bob Woodward di tugaskan untuk kasus watergate itu dan menemukan keanehan dalam persidangan kelima pencuri tersebut yang mana salah seorang pencuri yang bernama James Mc.Cord adalah pensiunan konsultan keamanan CIA.
Penyelidikan pun dilakukan, satu persatu orang yang terkait dengan kasus Watergate tersebut di selidiki. Bernstein dan Woodward pun kadang menemukan kesulitan karena sumber – sumber mencoba untuk menutup mulut atas kasus Watergate itu. Tetapi, mereka terus menyelidiki kasus tersebut dan menemukan data – data fakta adanya keterlibatan pemerintah Richard Nixon, termasuk penasihat presiden dan beberapa pejabat penting lainnya.
Atas kerja keras Woodward dan Bernstein kasus Watergate pun terungkap dan akhirnya presiden Nixon pun mengundurkan diri dan diangkatnya Gerald Ford menjadi presiden ke 38.
Film ini sangat menarik untuk ditonton. Dua jurnalis Woodward dan Bernstein memperlihat kan keahlian mereka dalam mewawancarai sumber dan mengumpulkan data. Menurut saya, film ini layaknya seperti film detektif. Tetapi, berbeda dengan Sherlock Holmes yang menjelaskan analisanya  secara rinci dalam mengungkapkan  kasus – kasus yang ditanganinya. Lebih tepatnya film ini, film detektif ala jurnalis.
Menurut saya kekurangan film ini terlalu banyaknya tokoh yang membuat tidak focus pada isi cerita. Tetapi, di sisi lain wajar karena film ini di angkat dari kisah nyata yang menyangkut keterlibatan pejabat – pejabat penting dalam kasus watergate yang tentunya akan melibatkan banyak sumber dan tokoh – tokoh dalam mengungkapkan kasus tersebut.