Rabu, 03 Juni 2015

Ersa Yusrizal
1402055127


Review All The President Men

 Pada 19 juni 1972, seseorang penjaga keamanan Frank Wills, bermain sendiri di kompleks Watergate menemukan pintu yang dibuka terus dengan pita. Waktu polisi datang mereka menangkap lima pencuri di kantor pusat Komite Nasional Demokrat dalam kompleks. Besok paginya, The Washington Post memberikan wartawan baru Bob Woodward dengan cerita penting.

 Woodward belajar bahwa lima orang - empat Kuba- Amerika dari Miami dan pemimpin mereka James W.McCord, Jr punya peralatan yang mengganggu dan punya sendiri country club pengacara mereka. McCord mengedintifikasikan dirinya di pengadilan sebagai setelah baru-baru meninggalkan Central Intelligence Agency dan lain-lain juga memiliki hubungan CIA dan presiden richard itu menghubungkan pencuri E. Howard Hunt, mantan CIA, dan Presiden richard nixon penasehat khusus charles colson.

 Carl Bernstein, ditugaskan untuk meliput berita Watergate dengan Woodward. Mereka berdua adalah bukan mitra, tapi bekerja sama dengan baik. Eksekutif Editor Ben Bradlee sangat yakin pekerjaan mereka tidak lengkap, bagaiman pun, tidak layak di pajang dihalaman depan post. Dia mendorong mereka untuk terus mengumpulkan informasi.

 Woodward di kontak Deep Throat, seorang pejabat senior pemerintah dan sumber anonim dia sudah pernah digunakan di masa lalu. Berkomunikasi melalui salinan The New York Times dan pot bunga balkon mereka janjian ketemu di sebuah garasi parkir pas tengah malam. Deep Throat bicara dalam teka-teki dan metafora tentang Wathergate break-in, tetapi menyarankan Woodward untuk mengikuti uang.

 Selama beberapa minggu berikutnya Woodward dan Bernstein menghubungkan lima pencuri itu untuk ribuan dolar dalam sumbangan kampanye dialihkan kepada komite Nixon untuk Re-memilih presidn (CRP, atau CREEP).



  Bradlee dan lain-lain di post tidak menyukai ketergantungan dua wartawan pada sumber yang tidak menyebutkan namanya seperti deep throat, dan bertanya mengapa pemerintahan nixon mau melanggar hukum ketika presiden kemungkinan untuk mengalahkan calon Demokrat George McGovern.

 Melalui mantan bendahara CREEP Hugh W.Sloan, Jr, Woodward dan Bernstein menghubungkan dana dari ratusan ribu dolar untuk gedung putih kepala staf HR Haldeman orang paling penting kedua di negeri ini dan mantan jaksa agung, sekarang kepala CREEP. Mereka belajar bahwa CREEP menggunakan dana untuk memulai kampanye untuk menyabot kandidat presiden dari partai Demokrat tahun sebelum pencurian wartagate, Nixon ketika berada di belakang Edmund Muskie.

 Permintaan Bradlee untuk ketelitian memaksa wartawan untuk memperoleh sumber-sumber lain untuk mengkonfirmasi sambungan Haldeman. Ketika gedung putih mengeluarkan penolakan non-penolakan cerita diatas-the-lipat post, editor sehingga terus mendukung mereka.

 Woodwar diam-diam bertemu dengan Deep Throat lagi untuk tau lebih banyak dimana Deep Throat akhirnya mengungkapkan bahwa Watergate break-in memang didalangi oleh Haldeman. Deep Throat juga mengklaim bahwa penutup oleh mereka di gedung putih itu tidak menyembunyikan pencurian lain atau dari pencuri involvment dengan CREEP, tetapi untuk menyembunyikan operasi rahasia yang melibatkan seluruh komunitas intelijen AS, dan memperingatkan bahwa Woordward dan Bernstein dan kehidupan orang lan berada dalam bahaya. Ketika Woodward dan Bernstein menyampaikan ini untuk Bradlee, ia mendesak para wartawan untuk terus meskipun risiko dan Nixon terpilih kembali.

 Dalam adegan akhir, tgl 20 januari 1973, Bernstein dan Woordward mengetikan cerita lengkap, dengan TV yang menunjukan Nixon mengambil sumpah, untuk masa jabatan kedua sebagai presiden Amerika Serikat, di latar depan. Sebuah montase teletype headline Watergate terkait dari tahun-tahun setelah ditunjukan berakhir dengan pengunduran diri Nixon dan Gerald Ford peresmian pada tanggal 9 Agustus 1974.