Senin, 01 Juni 2015




Nama : Said Ahmad
NIM    : 1402055089
 


All The President’s Men


Sutradara            : Alan J. Pakula
Pemeran             : Robert Redford, Dustin Hoffman, Jason Robard, Jack Warden, Hal Holdbrook
Rilis                       : 9 Aprli 1976( Amerika Serikat )

All The President’s Men adalah sebuah film yang menggambarkan kegiatan jurnalistik oleh dua orang reporter bernama Carl Bernstein dan Bob Woodward.Mereka adalah jurnalis salah satu harian terbesar di Amerika Serikat yaitu The Washington Post.Film ini menceritakan peliputan skandal Watergate pada awal tahun 1970 yang berakhir pada mundurnya Presiden Amerika Serikat pada waktu itu Richard Nixon.
Bob Woodward adalah seorang wartawan yang ditugaskan oleh editornya, Ben Bradlee untuk menyelidiki kasus penyusupan 5 orang pencuri ke kantor Partai Demokrat di kawasan Watergate. Kasus yang tampaknya hanya kasus pencurian biasa ternyata memiliki konspirasi di bidang pemerintahan seperti yang diinformasikan seorang sumber yang dikenal dengan whistleblower.
Kejanggalan kasus ini berawal dari persidangan lima orang terdakwa dimana salah seorang terdakwa yang bernama James Mc. Cord adalah pensiunan konsultan keamanan CIA.Bersama dengan Carl Bernstein, Bob kemudian mencari data untuk mencari tahu fakta yang sebenarnya. Ketika Bob berusaha mengumpulkan informasi terkait kasus ini, ia mendapati fakta bahwa kelima terdakwa itu memiliki pengacara yang secara khusus mereka sewa dan salah satu dari penyusup tersebut memiliki kaitan dengan Charles Colson, seorang penasehat khusus Presiden Nixon.
Lalu, apa kaitannya kasus Watergate dengan pemerintahan Richard Nixon yang merupakan Presiden Amerika Serikat pada waktu itu? Bob mensinyalir bahwa adanya campur tangan dari pihak Gedung Putih dalam menyiasati pencurian dan juga penyandapan di markas Partai Nasional Demokrat. Bob kemudian memanfaatkan jaringan yang ia miliki untuk mendapatkan informasi yang lebih banyak. Ia menghubungi kenalannya di Gedung Putih untuk mengadakan pertemuan rahasia membahas tentang kasus ini. Kemudian Bob bertemeu dengan kenalannya tersebut yang bernama Deep Throat untuk mengungkapkan semua yang ia ketahui tentang kasus ini. Tetapi Deep Throat tidak secara gampang memberitahukan semuanya, Depp Throat hanya mengatakan kepada Bob untuk menelusuri uang berjumlah $25.000 yang ada di salah satu rekening tersangka pencurian itu karena uang itu berasal dari Komite Pemenangan Kembali Presiden Richard Nixon.
Setelah semua bukti terkumpul, kasus ini akhirnya diberitakan dan membuat Gedung Putih gempar.Mulailah terkuak adanya keterlibatan beberapa pejabat Gedung Putih dalam kasus Watergate.Hal ini membuat agen khusus Negara tidak tinggal diam, mereka mengecam aksi yang dilakukan dua wartawan tersebut dan mengatakan bahwa Washington Post telah menerbitkan berita yang keji dan tidak pantas. Akan tetapi Bob dan Berstein tidak berhenti dan terus melakukan penyiaran berita tersebut yang semakin hari semakin menyudutkan beberapa pejabat Gedung Putih.
Akhirnya, dalam kasus persidangan, nama-nama yang diberitakan oleh Bob dan Berstein terbukti bersalah dan dalam salah satu bukti membuktikan bahwa Richard Nixon terlibat dalam kasus tersebut. Nixon didakwa karena menyutujui kegiatan spionase dalam kasus Watergate. Dengan terungkapnya fakta ini, pemerintahan Nixon pun mulau ambruk, kekuatannya melemah dan pada tanggal 9 Agustur 1974 Richard Nixon menyatakan mengundurkan diri sebagai Presiden Amerika Serikat.