Rabu, 03 Juni 2015

Ananda Fardina
1402055123



TANGGUNG JAWAB MASYRAKAT
TERHADAP LINGKUNGAN

L
ingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia. Tetapi disini saya menjelaskan tentang lingkungan masyarakat. Lingkungan masyarakat sekarang ini masih banyak kita temukan penyebab - penyebab lingkungan itu menjadi tidak sehat yaitu salah satunya adalah masih banyaknya orang yang tidak menyadari bahaya sampah.

Disini saya melakukan reportase dan Bapak Sadri selaku Rukun Tetangga (RT) 26 Kel. Bandara yang menjadi narasumber saya kali ini. Reportase dilakukan di Samarinda tepatnya di Jalan Gatot Subroto Gang 14 pada tanggal 25 Februari 2015.


Hasil reportase dan wawancara terhadap narasumber :

Apa yang mendasari warga sekitar membuang sampah sembarangan ?

Masih adanya kurang kesadaran akan bahaya sampah itu sendiri dan juga masih






ada sikap malas untuk membuang sampah pada tempatnya.

Siapa yang bertanggung jawab atas hal ini ?

Yang bertanggung jawab atas hal ini adalah masyarakat di lingkungan itu sendiri karena mereka yang merusak lingkungannya sendiri. Percuma fasilitas telah disediakan jika tidak ada kesadaran dari setiap warga.

Bagaimana dalam menghadapi masalah ini ?

Diadakan penyuluhan kepada semua kalangan masyarakat tentang bahaya sampah.
Melakukan gotong royong seminggu sekali untuk membersihkan lingkungan seperti selokan atau saluran air.
Pemerintah memfasilitasi masyarakat dalam melaksanakan kebersihan lingkungan. Diadakannya lomba antar Rukun Tetangga (RT) ataupun kota dan pemerintah memberikan aspresiasi agar masyarakat lebih termotivasi dalam menjaga dan melestarikan lingkungannya.
Jadi dalam reportase kali ini saya dapat menyimpulkan bahwa tanggung jawab masyarakat terhadap lingkungannya sangat besar, karena masyarakat itu sendiri yang mempengaruhi lingkungannya sendiri. Jika tidak mau hidup sehat maka kita wajib bertanggung jawab untuk menjaga dan membersihkan lingkungan kita -sekian-