Jumat, 05 Juni 2015



Nama : Debora Irene Simatupang
NIM : 1402055093



Kewajiban pertama jurnalisme adalah pada kebenaran

Pada kasus berita ini dapat dilihat bahwa wartawan berupayah dengan segala kemampuan dan menganalisis pikirannya untuk mengungkapan kebenaran kasus korupsi yang dilakukan Mantan dekan Fakultas Kehutanan (Fahutan) Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda Chandra Dewana Boer. Wartawan tidak menutupi kebenaran dari kasus tersebut dan diusut lebih dalam lagi kebenarannya, tanpa menutupi berita yang sebenarnya. Wartawan berhasil mendapatkan bukti dana yang dikorupsi, yaitu sebuah mobil merk Ford bernopol KT 1433 MJ.


Loyalitas pertama jurnalisme kepada warga(citizen)

Pada berita yang dimuat tentang kasus Chandra Dewana Boer, wartawan berhasil mendapatkan berita tentang kasus korupsi tersebut sebagai tanda bahwa wartawan berpihak pada warga yang berhak mengetahui berita yang sebenarnya dan wartawan berpihak pada warga untuk mengusut berita yang sebenarnya, membela hak warga UNMUL yang dikorupsi.

Esensi jurnalisme adalah disiplin verifikasi berita.

Wartawan selalu menverifikasi semua berita kasus ini, mengecek ulang fakta dari berita tersebut. Wawancara yang dilakukan itu hal dapat mengungkapkan fakta kasus. Wartawan mengusut berita dari awal berita masih dugaan sampai terungkap semua berita tersebut, sampai Chandra Dewana Boer ditetapkan sebagai tersangka dan bukti-bukti dana yang dikorupsi. Setiap harinya ada pembaharuan berita dari kasus ini yang dilakukan wartawan.

Jurnalisme harus tetap independen dari pihak yang diliput (tidak memihak pada siapapun).

Wartawan pada kasus ini tetap independen, tidak perduli siapa tersangka dalam kasus tersebut, wartawan terus mengungkap berita yang sebenarnya.

Jurnalisme harus melayani sebagai pemantau insependen terhadap kekuasaan.

Pada kasus ini wartawan tidak berpihak pada Chandra Dewana Boer sekalipun dia memiliki jabatan dekan, wartawan disini mengunkap kebenaran dari kasus korupsi, berpihak pada masyarakat.

Jurnalisme harus menyediakan forum bagi kritik maupun komentar dari publik.

Pada berita ini wartawan menyebarkan berita kemedia-media sehingga masyarakat dapat melihat dan mengomentari tentang hasil berita dan wawancara berita tersebut.

Jurnalisme harus berupaya membuat hal yang paling penting itu menarik dan relevan.

Wartawan membuat berita ini dengan semenarik mungkin dan menggunakan kata-menarik dan relevan mengenai kasus Chandra Dewana Boer, tanpa menggunakan kata-kata yang berbelit-belit, sehingga masyarakat dapat langsung mengetahui berita dengan cepat dan jelas.

Jurnalisme harus menjaga agar beritanya kompherensif dan proposional.
Pada berita Chandra Dewana Boer wartawan  tetap kompherensif dan proposional tanpa menambah dan mengurangi fakta dari berita tersebut. Jadi berita yang dimuat merupakan kebenaran yang diperoleh dari engungkapan kasus tersebut.
Jurnalisme memiliki kewajiban untuk mengikuti suara nurani  mereka.

Diberita yang dimuat oleh wartawan ini benar-benar mengikuti hati nurani mereka, dimana kebenaran harus ditegakkan. Wartawan berusaha mengungkapkan berita dengan mengupdate terus berita tersebut, agar masyarakat menerima pembelaan&mengetahui kebenarannya.