Selasa, 02 Juni 2015

M. Fachrian Noor Hidayat
1402055145



All The President Men
Sutradara         : Alan J.Pakula
Pemeran           : Robert Redford, Dustin Hoffman, Jason Robard, Jack Warden, Hal Holdbrook
Rilis                  : 9 April 1976 (Amerika Serikat) 
           
            Terjadinya kasus pencurian, dan penyadapan di salah satu markas milik partai nasional demokrat, Watergate. The Washington Post menurunkan dua orang jurnalis yang ditugaskan untuk menyelidiki kasus tersebut. Dua Jurnalis tersebut yakni Bob Woodwart dan Carl Bernstein.
            Woodward berusaha mengumpulkan informasi terkait penyusupan ini, ia mendapati fakta Salah satu pencurinya mempunyai $814, $230, $215 dan $ 234 dengan sebagian besar pecahan $100 dan nomor serinya yang berurutan. Dalam kasus ini kasus ini telah menangkap lima orang di wartage. Salah satu profesi dari mereka yang bisa disebutkan adalah Bernard Barker Anti Komunis, James McCord Konsultan keamanan C.I.A dan telah pensiun, Sturgis, Frank A operator penyelamat. Dari kelima orang terkait kasus penyusupan sekaligus kasus pencurian itu memiliki pengacara yang secara khusus mereka sewa. Woodward juga mengetahui bahwa salah satu dari penyusup itu adalah mantan anggota Central Intelligence Agency¬, dan memiliki kaitan dengan Charles Colson, penasihat khusus Presiden Nixon. 
            Mengingat pengalaman Woodward yang masih minim, Ben Bradlee yang saat itu menjadi executive editor di The Washington Post, menugaskan Bernstein yang saat itu sudah menjadi reporter selama enam tahun di The Washington Post. Pada mulanya, Bernstein dan Woodward adalah pasangan yang tidak cocok untuk meliput kasus ini. Namun, seiring berjalannya waktu, mereka berdua bisa bekerja sama dengan baik dalam meliput Watergate. 
            Sekian lama mereka melakukan investigasi melalui investigasi yang melelahkan, serta bantuan dari sumber anonim bernama “Deep Throat”, Bernstein dan Woodward berhasil menemukan kaitan antara dana yang para penyusup gunakan dengan Committee to Re-elect the President. Mereka berdua juga berhasil menemukan kaitan antara dana ini dengan Kepala Staff White House, yang pada saat itu dijabat oleh H.R. Halderman. 
            Setelah tujuh bulan investigasi dan melahirkan beberapa tulisan, yang sebenarnya belum menunjukkan hubungan antara penyusup dengan Nixon, Bernstein dan Woodward akhirnya memulai liputan mereka tentang upaya Nixon untuk memenangkan pemilu presiden Amerika Serikat dengan cara yang tidak wajar. 
11 Januari 1973 Hunt mengaku bersalah atas tiga tuduhan konspirasi pencurian
17 Agustus 1973 Magruder mengaku bersalah untuk membantu rencana Watergate
5 November 1973  Segreti dihukum enam bulan di penjara
26 Februari 1974 Kalmbach mengaku bersalh karena berbohong di depan Grand Jury
12 April 1974 Porter dihukum tiga puluh hari di penjara karena berbohong kepada FBI
17 Mei 1974 mantan Jaksa Agung Kleindiest mengajukan permohonan bersalah
4 Juni 1974 Colson mengaku bersalh atas kejahatn menghalangi jalannya persidangan
13 Maret 1975 Stans mengaku bersalah karena terlibat penggalangan dana illegal
2 Januari  1975 Mitchell, Haldeman Erhlichman terbukti bersalah pada semua tuduhan pada kasus Watergate
6 Agustus 1974  Rekaman menunjukan bahwa Nixon setuju menutup-nutupi, Presiden mengatakan ia tidak akn mengundurkan diri
            Pada akhirnya, pembongkaran skandal Watergate yang “dipimpin” oleh The Washington Post, membuat Presiden Nixon mengundurkan diri di tahun 1974 dan digantikan oleh Gerald Ford.