Selasa, 02 Juni 2015

Nober Luther




 “Usaha Warung Nasi Campur”
“Walaupun Hanya Usaha Kecil,
Tetapi Omset Per bulan Hingga Jutaan rupiah.”

Penjual nasi campur walaupun terdengar biasa saja, tetapi penjual ini sudah bisa dikatakan wirausaha. Karena membuat usaha ini sendiri dan sudah bisa dikatakan sebagai perusahaan perorangan. Pada kesempatan ini, saya Nober sebagai wartawan/penulis mewawancarai seorang ibu penjual Nasi Campur yang berjualan di salah satu jalan perjuangan yang berdekatan dengan salah satu Universitas Negeri di Kota Samarinda. Seorang ibu yang kesehariannya berjualan nasi campur ini bernama Ibu Tati. Ibu ini berasal dari pulau Jawa yang merantau ke kota Samarinda untuk mencari nafkah. Kurang lebih sudah empat tahun ia dan keluarganya tinggal di kota Samarinda dan saat ini ia telah menikah dan memiliki dua anak, laki-laki dan perempuan. Usaha yang ia berdirikan ini bernama Warung Nasi Campur Ibu Tati yang beralamat di Jalan Perjuangan Gg.Alam segar 3 No.01 RT.03. Berikut hasil wawancara saya dengan beliau.

Saya (Wartawan)        : Permisi. Selamat sore Ibu.

Ibu Tati (Narasumber) : Iya. Selamat sore juga.

Saya                            : Apakah ibu saat ini sedang tidak sibuk? Saya ingin mewawancarai                                      tentang usaha yang ibu dirikan ini.

Ibu Tati                       : Oh. Saat ini saya tidak sibuk, soalnya saya sudah mau tutup.  Apa yang    
                                      ingin anda tanyakan?

Saya                            : Oke bu. Pertanyaan pertama yng ingin saya tanyakan, Apa nama usaha  
 ibu?

Ibu Tati                       : Nama yang saya berikan  pada usaha ini adalah Warung Nasi Campur
                                    Ibu Tati.

Saya                            : Sejak kapan atau pada tahun berapa ibu mulai membuka usaha ini?

Ibu Tati                       : Saya mulai membuka usaha ini kurang lebih sudah empat tahun.
                                    Tepatnya pada bulan Oktober 2011.

Saya                            : Apa saja menu yang ibu jual?

Ibu Tati                       : Nama warungnya aja warung nasi campur, menu yang saya jual sudah
                                    tentu ada Nasi campur. Hahahaaa... Tapi selain itu saya juga ada jual
                                    Nasi ayam penyet sama soto. Tetapi tetap saja nasi campur sebagai
                                    menu utama di warung saya.

Saya                            : Hahahaa... Kira-kira berapa harga jual per porsinya dari nasi campur
                                    ibu?

Ibu Tati                       : Nasi campur per porsinya hanya Rp 10.000,00 ditambah minumnya
Rp 2.000,00 jadi semuanya Rp 12.000,00

Saya                            : Oke bu pertanyaan selanjutnya, hari apa saja ibu membuka warung ini
                                    dan dari jam berapa ibu membuka dan menutup warung ini?
Ibu Tati                       : Saya membuka warung ini hari senin sampai sabtu dari jam 06.00 Wita
                                    pagi hingga jam 16.00 Wita sore. Tetapi terkadang saya tutup lebih
                                    cepat karna biasanya jualan saya habis sebelum jam 16.00 Wita sore.

Saya                            : Dalam membuka warung ini, apakah ibu di bantu oleh karyawan?

Ibu Tati                       : Nggak ada. Saya hanya dibantu oleh suami dan anak. Soalnya saya
                                    nggak ada dana untuk membayar karyawan.

Saya                            : Hhmmm. Oh ya bu, saat membuka warung ini berapa modal yang ibu
                                    butuhkan?

Ibu Tati                       : Pertama-tama saat saya membuka warung ini, modal yang saya
                                    butuhkan sekitar Rp 20.000.000,00

Saya                            : Wow. Banyak juga ya bu, walaupun hanya menjual nasi campur tetapi
                                    dana yang di butuhkan banyak juga.

Ibu Tati                       : Hahahaaa... Iya. Soalnya banyak peralatan dan bahan-bahan yang      
                                    diperlukan, jadi harus banyak mengeluarkan uang. Tetapi terbayarkan
                                    juga dengan keuntungan yang di dapat dari hasil penjualan ini.

Saya                            : Kira-kira berapa bu omset per harinya?

Ibu Tati                       : Omset per hari kira-kira Rp 300.000,00 sampai Rp 400.000,00.

Saya                            : Jadi keuntungan per bulannya berapa bu?

Ibu Tati                       : Kan saya menjualnya senin sampai jumat, dalam sebulan ada 30 atau
                                      31 hari di kurang 4 hari karena hari  minggu saya libur. Jadi keuntungan
  per bulannya 26 hari x Rp 400.000,00. Kira-kira Rp 10.400.000,00.

Saya                            : Oh ya bu. Ibu kan tadi bilang modal waktu membuka warung ini sekitar
                                      Rp 20.000.000,00. Apakah dana tersebut semuanya dari ibu atau ada
                                      bantuan dari orang lain?

Ibu Tati                       : Tidak semua. Ada yang di bantu oleh orang tua dan juga dari keluarga.                               Soalnya saya saat itu belum mempunyai banyak uang, jadi modal saya
                                      di bantu oleh kelurga.

Saya                            : Dari hasil jualan, apakah di tabung atau di jadikan modal lagi untuk                                     berjualan di hari selanjutnya?

Ibu Tati                       : Iya. Sebagian saya tabung, sebagiannya lagi saya jadikan modal untuk
                                      berjualan esok harinya.

Saya                            : Apakah hasil dari berjualan ini cukup untuk keperluan keluarga ibu
                                    untuk sehari-hari dan utuk biaya sekolah anak ibu?

Ibu Tati                       : Alhamdulillah. Menurut saya cukup, bahkan lebih dari cukup untuk
                                      membiayai keperluan keluarga saya dan biaya sekolah anak-anak saya.
                                      Kan makannya di warung, jadi nggak ada pengeluaran. Hahahaaaa....

Saya                            : Hahahaa.... Oke bu. Pertanyaan selanjutnya, kebanyakkan peminat
                                      warung ibu dari kalangan mana?

Ibu Tati                       : Pembeli saya kebanyakkan dari pelajar dan mahasiswa.

Saya                            : Keadaan warung ibu, ramainya hari apa aja bu?

Ibu Tati                       : Ramainya hampir setiap hari keculi hari jumat, pembelinya agak  
                                      kurang dari hari-hari lain.

Saya                            : Apakah selama ini dalam menjual ada suka dukanya bu?

Ibu Tati                       : Pasti ada. Kalau dukanya kadang-kadang seperti tadi jarang pembeli,
                                      jadi dapat untung sedikit. Tetapi kalau sukanya pas banyak pembeli,
                                      jadi banyak dapat untungnya.

Saya                            : Misalkan suatu hari warung ibu sepi bahkan tidak ada pembeli, apa
                                    yang akan ibu lakukan?

Ibu Tati                       :Ya tetap jualan aja. Kan saya datang ke sini untuk berjualan, jadi jalan
                                      satu-satunya hanya berjualan, saya akan berjualan terus, kan rezeki
                                      nggak kemana-mana.

Saya                            : Apa yang melatarbelakangi ibu untuk membuka warung ini?

Ibu Tati                       : Saya ingin dapat penghasilan setiap hari. Heheheeee...

Saya                            : Oke bu. Pertanyaan selanjutnya, apakah ibu ada berkeinginan untuk
                                      membuka cabang? Kalau ada ibu maunya di mana?

Ibu Tati                       : Iya. Pasti ada. Saya sangat ingin membuka cabang di pramuka.

Saya                            : Amin... Semoga doanya terkabul ibu. Sekarang saya ingin ibu
                                      memberikan motivasi atau ada kata yang ingin ibu sampaikan untuk
                                      pembaca. Saya persilahkan.

Ibu Tati                       : Untuk pembaca, jika kamu punya keinginan untuk menjadi pengusaha
                                      atau apa pun itu, jangan pernah takut untuk maju. Selagi kalian yakin,
                                      mempunyai niat yang besar, dan masih mampu lakukan lah itu dengan                                kerja keras dan selalu berdoa yakini lah sesuatu itu akan menjadi  besar
                                      dan bisa membuat kamu bahagia.

Saya                            : Motivasi yang luar biasa dari ibu buat pembaca. Semoga motivasi dari
                                      ibu mampu menjadikan pedoman buat anak-anak muda untuk menjadi
                                      pengusaha yang sukses kelak. Aminnn... Oke ibu. pertanyaan terakhir
                                      dari saya, apa yang menjadi harapan ibu kedepannya buat usaha ini?

Ibu Tati                       : Ya saya ingin usaha saya sukses, ingin buka cabang dan ingin punya
                                      rumah sendiri. Kan saya disini sewa rumah orang. Hahaha...

Saya                            : Aminnnnn..... Oke ibu, terima kasih buat waktunya. Semoga warung
                                      ibu semakin laris. Hehehehe...

Ibu Tati                       : Iya. Sama-sama.