Jumat, 05 Juni 2015

Nama               : M. Dwi Juliannur
NIM                : 1402055146




Tugas-tugas:

A.    Pemimpin Umum
Bertanggung jawab atas keseluruhan jalannya penerbitan pers, baik ke dalam maupun ke luar. Dapat melimpahkan pertanggungjawabannya terhadap hukum kepada pemimpin Redaksi sepanjang menyangkut isi penerbitan (redaksional) dan kepada pemimpin perusahaan (usaha) sepanjang menyangkut pengusahaan penerbitan.
B.     Redaksi
1.      Pemimpin Redaksi                        :
Bertanggung jawab terhadap mekanisme dan aktivitas kerja keredaksian sehari-hari. Ia harus mengawasi isi seluruh rubric media massa yang dipimpinnya. Ia bertindak sebagai jendral atau komandan.
2.      Wakil Pemimpin Redaksi  :
Bertanggung jawab jika pemimpin berhalangan dalam melaksanakan tugas-tugas. Wapemred juga berstatus sebagai bagian dewan penyunting. Dan setiap kali penerbitan harus membuat laporan kegiatan dan keuangan.
3.      Redaktur Pelaksana                      :
Tanggung jawabnya hampir sama dengan Pemred, namun lebih bersifat teknis. Dialah yang memimpin langsung aktivitas peliputan dan pembuatan berita oleh para reporter dan editor.
4.      Redaktur Publik                            :
Bertanggung jawab penuh atas isi rubric tertentu dan editingnya. Redaktur publik biasanya terdiri dari beberapa orang karena terdiri dari beberapa rubrik, yaitu:
a.       Hukum:
Redaktur publik yang memimpin rubrik ini bertanggun jawab atas editing dan proses penerbitan rubric di bidang hukum dan hal lain yang menyangkut hukum.
b.      Kota:
Redaktur publik yang bertugas di rubrik ini bertanggung jawab dalam editing berita tentang kejadian atau peristiwa yang terjadi di perkotaan.
c.       Olahraga:
Redaktur publik ini berfokus pada editing berita yang berhubungan dengan bidang olahraga yang terjadi.
d.      Bisnis/Ekonomi:
Redaktur publik ini berfokus pada proses pengeditan dalam bidang bisnis atau ekonomi.
e.       Politik:
Redaktur publik ini berfokus pada peristiwa-peristiwa politik yang baru terjadi dan menjadi perbincangan orang-orang.
5.      Wartawan                                      :
Tugas pokoknya adalah mencari berita lalu membuat atau menyusunnya, ini adalah jabatan yang melakukan reportase (wawancara dan sebagainya ke lapangan). Karena itu, merekalah yang biasanya terjun langsung ke lapangan, menemui narasumber, dan sebagainya.
6.      Fotografer                                                 :
Tugasnya mengambil gambar peristiwa atau objek tertentu yang bernilai berita atau untuk melengkapi tulisan berita wartawan tulis (reporter).

C.     Perusahaan
1.      Pemimpin Perusahaan                   :
Pemimpin usaha khusus berurusan dengan masalah komersial. Pemimpin usaha bertugas menyebarluaskan media massa, yakni melakukan pemasaran (marketing) atau penjualan selling) media massa.
2.      Manajer SDM                               :
Berkaitan dengan kesejahteraan, pendidikan karyawan, perekrutan tenaga kerja, dan analisis terhadap kebijakan perusahaan yang berkaitan dengan karyawan.
3.      Manajer Keuangan                        :
Tugasnya mengendalikan keuangan perusahaan yang meliputi menghitung pemasukan dan pengeluaran uang, menyimpan dan membayar uang, memungut dan membayar pajak, membayar kebutuhan operasional perusahaan, serta mengumpulkan kekayaan perusahaan.
4.      Manajer Periklanan                       :
Bertugas untuk menjual kolom-kolom yang ada pada surat kabar atau majalah dalam bentuk advertensi (Advertising).
5.      Manajer Produksi                          :
Bertugas untuk merancang sistem produksi, dan menjaga atau memastikan bahwa persyaratan produksi yang ditentukan terlaksana.
6.      Manajer Sirkulasi                          :
Bertugas khusus untuk menjual produk penerbitan (koran atau majalah). Bagian ini bertanggung jawab penuh untuk laku tidaknya produk penerbitan di pasaran.