Rabu, 03 Juni 2015

Nama               :           Lia Badriya
NIM                :           1402055131




ANALISIS BERITA KASUS CDB (Mantan Dekan Fahutan) UNMUL



            Dengan berita yang saya baca tentang Fahutan-Faperta Unmul diusut, analisis yang saya dapatkan dari penulisan yang menulis berita tersebut adalah penulisan membuat berita ini dengan menggunakan salah satu dari sembilan Elemen Jurnalistik, yakni Loyalitas Utama Jurnalisme terhadap warga negara. Mengapa demikian ? karena penulis membuat berita ini dengan menarik bagi pembaca, yang menjunjung kebenaran & bertanggung jawab pada publik.
            Penulis yang menulis berita tersebut tetap konsisten / serta dengan berita yang dia tulis karena penulis ini terus mencari fakta-fakta, sebagai contoh, penulis menulis kisruh di Fahutan-Unmul tahun lalu, kini menuai titik terang. Bahkan selain Fahutan, ternyata Faperta-Unmul juga diusut Kejaksaan.
            Di berita ini saya mendapat beberapa kebenaran yang ditulis oleh penulis mengenai apa yang terjadi dalam kasus ini yang menimpa CDB (Mantan Dekan Fahutan) Unmul sebagi contoh penulis menulis dana riset atau penelitian, menyebutkan nominal dana, mobil yang dituduh di beli oleh CDB.
            Kemudian saya menemuka langkah-langkah yang dilakukan oleh penulis seperti, peliputan, penelusuran sumber berita, wawancara, dan sumber yang kompeten terhadap kasus yang diangkatnya.
            Walaupun saya melihat dan membaca penulis menggunakan Elemen Loyalitas terhadap warga negara, saya rasa masih ada sedikit hal yang kurang jelas mengenai berita ini, misalnya saja dalam berita tersebutkita belum mengetahui apa yang akan terjadi pada mantan dekan tersebut, apakah ia sudah menjadi tersangka atau belum.