Senin, 01 Juni 2015

Nama           : Poltak Rizki
NIM            : 1402055085

POHON BESAR TUMBANG AKIBAT HUJAN DERAS
            Pada hari sabtu (28/02), hujan deras yang disertai angin kencang telah menumbangkan sebuah pohon besar yang ada di Desa Kertabuana, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara.
Pohon tersebut  menghalangi satu jalur jalan utama penghubung antara Samarinda dengan Tenggarong Seberang. Mengakibatkan kendaraan dari arah Tenggarong Seberang menuju Samarinda terpaksa melewati jalur yang berlawanan. Menurut saksi mata, kejadian ini terjadi sekitar pukul 06.00 pagi. Kejadian ini sempat menimbulkan kemacetan beberapa saat diikuti dengan padamnya listrik.
“Awalnya itu cuma gerimis pas jam 05.30 pagi, disitu saya lagi siap-siap mau kerja,” ucap Kateno yang menyaksikan langsung tumbangnya pohon besar itu.
“Tapi sekitar 10 menit kemudian hujannya mulai deras dan anginnya juga kencang diikuti dengan petir.”
“Jam 06.00 pas saya sudah mau berangkat kerja, ada suara patahan dari luar. Lalu saya lihat dari jendela rumah ternyata benar pohonnya patah dan akhirnya tumbang,” pria itu mengakhiri.
Memang menurut warga sekitar yang dimintai keterangan pohon itu sudah cukup tua, sehingga wajar bila tumbang setelah diterjang angin yang kencang.

Selain pohon besar itu beberapa pohon-pohon kecil lainnya juga ikut tumbang namun tidak sampai menghalangi jalan raya. Untungnya kejadian ini tidak memakan korban jiwa maupun kerugian materi.