Jumat, 05 Juni 2015

Nama  : Muhammad Razzaq
Nim     :1402055162

ALL The President’s Men
Pada 1 Juni 1972 terjadi keanehan pada pintu kompleks watergate, di bagian handel pintu terdapat pita perekat yang menahan kenop pintu terbuka. Hal itu memancing rasa penasaran sang penjaga keamanan ( Frank wills ), langsung menelpon ke polisi setempat dengan dugaan pencurian. Sebelum polisi datang salah satu dari para pencuri tersebut menghubungi rekannya dengan walkie-talkie untuk memberi tahu bahwa ada polisi yang telah masuk ke tempat kejadian, namun salah seorang pencuri tersebut menyuruh untuk mematikan walkie-talkie dan tak bersuara sama sekali. Agar tidak tertangkap basah sedang melakukan pencurian. Polisi pun menggeledah satu per-satu ruangan tersebut. Setelah menyadari ada pergerakan tersebut salah seorang dai mereka pun menyarankan untuk bersembunyi dibawah kolong meja. Namun polisi pun sempat menyadari pergerakan mereka, dan tertangkap basah di tempat. Mereka melakukan pencurian uang tunai dengan jumlah besar di tiap-tiap tersangka.
            Paginya The Washington Past menugaskan wartawan baru Bob Woodward dengan cerita yang tidak penting. Woodward diminta untuk menyelidiki kasus tersebut. Ia mengetahui bahwa lima orang: empat-kuba,satu-amerika dari miami dan pemimpin mereka James W. McCord,Jr memiliki peralatan yang mengganggu dan memiliki sendiri “country club” pengacara mereka.
            Dalam kasus ini tertangkap lima orang tersangka yang juga terlibat dalam kegiatan CIA, Richard Nixon Charles Colson yang dulunya bekerja sebagai seorang konsultan gedung putih. Selain itu juga seorang penulis dan agen CIA. Dan lima orang tersangka di bawa ke pengadilan untuk di proses serta di mintai keterangan. Dan di sinilah woodward pergi ke pengadilan dan mendengarkan serta melihat apa yang terjadi di ruang persidangan tersebut.
            Woodward mengumpulkan data yang ada campur tangan pemerintahan Richard Nixon. Yang saat itu menjabat sebagai seorang presiden termasuk penasehat khusus presiden dan beberapa pejabat penting lainnya. Dalam perjalanan penyelidikan dan investigasi kasus ini Woodward tidak sendirian karena ia juga di bantu oleh seorang jurnalistik senior Carl Bernstein.

Woodward menyakini adanya campur tangan gedung putih dalam membantu kasus pencurian dan juga penyadapan di markas partai nasional demokrat lalu banyak petinggi gedung putih tersandung masalah tersebut. Woodward pun juga mendapat bantuan dari salah seorang pejabat senior dengan kontrak “Deep Throat” dalam kasusnya. Ia selalu memberi saran dengan menggunakan teka-teki dan metafora tentang Watergate, tetapi menyarankan Woodward untuk “mengikuti uang”.
Setelah mengkaji data-data dan selalu bertanya ke beberapa sanksi yang terlibat dalam kasus tersebut kepada Woodward dan Bernstein berhasil mengumpulkan data yang menurut mereka akurat dan segera mendatangin editor mereka ( Ben Bradlee ). Namun data mereka masih belum bisa di terbitkan karena masih ada data yang kurang serta salah seorang tersangka masih dapat menyanggah berita tersebut dengan alasan klise yang bernilai benar.
Namun itu semua tidak menyurutkan semangat mereka berdua. Mereka kembali mendata dan mewawancarai para sanksi dari awal lagi. Woodward diam-diam bertemu dengan Deep Throat lagi untuk lebih banyak pertanyaan. Dan akhirnya pun ia mengatakan bahwa Watergate di dalangi oleh haldeman, yang sebelumnya mereka mengungkapkan hal itu. Namun Haldeman, yang menghubungkan lima pencuri untuk ribuan dollar dalam sumbangan kampanye di alihkan kepada pemerinthan Nixon untuk re-vote presiden (creep). Deep throat juga mengakui bahwa penutupnya oleh mereka di gedung putih itu tidak menyembunyikan pencurian lain.
            Tapi untuk menyembunyikan “operasi rahasia” yang melibatkan “seluruh komunitas intelijen As” dan juga mengingatkan bahwa kehidupan mereka berdua dan masyarakat lain juga dalam bahaya ketika Woodward dan Bernstein menyampaikan ini untuk Ben Bradlee (kepala editor) ia mendesak para wartawan untuk terus meskipun resiko dan Nixon akan terpilih lagi.

            Ditetapkan pada tanggal 20 januari 1973, Bernstein dan Woodward mengetikkan cerita lengkap, dengan TV yang menjudulkan Nixon mengambil Sumpah Office, untuk masa jabatan kedua sebagai presiden Amerika Serikat. Dan sebuah montase Watergateterkaitheadline teletype dari tahun-tahunsetelah ditunjukkan, berakhir dengan pengunduran diri Nixon dan pelantikan Gerald Ford peresmian pada 9 agustus 1974.

Sutradara                     : Alan. J. Pakula
Produser                      : Walter Coblenz
Pemeran Utama           : Dustin hoffman dan Robert Redford
Sineas                          : Warner Bros
Tanggal Rilis               : 4 april 1974
Duration                      : 138 menit
Genre                          : Drama, history, mystery