Kamis, 28 Mei 2015



Nama   : Novia Riska
Nim      : 1402055124

Jalan Jakarta Yang Tak Terurus

Samarinda-Rabu, 18 maret 2015, matahari mulai menyinari langit, pada siang hari itu cuaca sangat panas jalanan  terlihat sangat berdebu, dan jalanannya pun berlobang ditambah lagi  lalu-lalangnya truk yang melaju dengan kecepatan penuh. Menambah debu semakin jadi dan jalanan semakin rusak. Sebuah jalanan yang menuju daerah perumahan korpri, loabakung. Rusak dikarenakan seringnya truk-truk besar melewati jalanan itu, seorang warga yang bernama Reni “dulu jalanan ini tidak rusak dan tidak berdebu cuman ada beberapa jalanan yang berlobang tapi itu tidak menjadi masalah bagi kami yang tinggal disini”.  Akan tetapi setelah jembatan mahakam tidak dapat di lalui dikarenakan jembatan itu sudah bergoyang dan rapuh, maka pemerintah mengatur truk- truk untuk melalui jl.loa bakung.
 Mulai pada saat itulah jl. Loabakung lambat launnya sering di lalui truk dan truk muatan peti kemas, yang mengakibatkan jalanan rusak loa-bakung  menjadi semakin parah. Yang dulunya hanya berlobang kecil, sekarang menjadi besar yang dulu jalanan tidak terlalu berdebu, sekarang  menjadi sangat berdebu akibat truk-truk yang lewat.  sehingga Jalanan ini menjadi rusak parah, pada saat siang hari. Ditambah lagi cuaca yang panas jalanan itu sangat berdebu.  Sedangkan pada saat musim hujan jalanan  akan becek kotor dan menimbulkan kemacetan di jalanan. Seorang warga bernama Riduan “ saya sudah pernah mengajak para warga disini untuk mendemo untuk truk tidak melalui jalanan ini lagi sampai masuk koran kaltim-post”. Awalnya pihak yang berwenang hanya memberi solusi dengan hanya menambal jalanan yang rusak dengan tumpukan batu-batuan, akan tetapi solusi itu tidak berjalan baik dan membuat jalanan menjadi berlumpur pada saat hujan turun. Pada akhirnya pada pihak yang berwenang membperbaiki dengan men cor jalanan loabakung secara keseluruhan, Yang memang sudah diinginkan para warga setempat.
Hanya saja saat ini kendala bagi masyarakat loabakung masih berdebu dan jalanan menjadi bahaya bagi anak-anak sekolah yang sering memakai kendaraan bermotor pada saat pulang sekolah. “ sering terjadi di depan sekolah SMP16  anak sekolah terserempet oleh truk bermuatan minyak, untung saja padasaat itu anak itu tidak terluka” kata ria. Tidak hanya bagi anak sekolah bagi seluruh rakyat melalui jalan loa bakung pun turut berhati-hati dikarenakan sudah banyak kejadian kecelakaan yan terjadi di jalanan tersebut. Dan tindakan warga loabakung sampai pada saat ini  hanya dapat menaruh beberapa tulisan besar di pinggir jalan untuk memperingati para pengendara agar berhati-hati dan mengurangi kecepatan jika melalui jalanan itu.