Kamis, 28 Mei 2015

Nama : Nauva Astarina
Nim : 1402055082



DUA WARTAWAN LENGSERKAN PRESIDEN AMERIKA

Film ini menceritakan tentang kejadian nyata pada tahun 1972, yang menceritakan bagaimana dua orang wartawan dari media The Washington Post menyelidiki tentang kasus pencurian di Watergate. Wartawan tersebut bernama Bob Woodward dan Carl Bernstein. Kedua wartawan ini melakukan investigasi pada kasus Watergate. Dan kasus ini berhubungan dengan orang nomor satu di Amerika Serikat.
            Dalam kasus pencurian ini tertangkap lima orang tersangka yang juga terlibat dalam kegiatan CIA, yang salah satunya bernama Mr. Charles Colson yang dulunya bekerja sebagai seorang konsultan Gedung putih selain itu juga seorang penulis dan agen CIA. Kelima tersangka ini langsung dibawa ke pengadilan untuk di proses dan dimintai keterangan. Mendengar itu Wordmard segera pergi ke pengadilan dan mendengarkan dan melihat apa yang sedang terjadi di ruang sidang tersebut.
            Di ruang inilah ia bertemu dengan seorang saksi yang dihadirkan. Ia segera menanyakan bukti-bukti atau informasi tentang kasus pencurian tersebut. Tetapi saksi malah menghindar dari meminta Woodward segera menghentikan peliputan kasus ini. Tidak mudah mendapatkan informasi bagi kedua wartawan ini lantaran banyak kendala, dan tidak mudah membuat narasumber untuk mengakui siapa-siapa saja yang terlibat dalam kasus Watergate, hanya untuk mendapatkan data-data akurat.
            Dengan bukti yang masih belum cukup kuat untuk mengungkapkan fakta Woodward pun kembali ke kantor dan mempresentasikan kepada Pimpinan redaksi tapi informasi orang-orang tersebut meremehkan Woodward, Woodward yang baru bekerja selama sembilan bulan ini selalu dianggap remeh oleh orang-orang di sekitar tempat kerjanya. Disinilah kisah bermula ketika ia masih berambisi untuk membongkar kebenaran tentang berita yang ia dapat, kemudian ia menulis berbagai bukti dengan mesin Tik nya dan meletakan disalah satu meja teman kerjanya, tetapi kertas tersebut diambil oleh Carl Bernstein, Woodward yang melihat kejanggalan tersebut menulis bukti lain lagi dan meletakkan kertas di tempat semula, kemudian Woodward melihat Carl Bernstein mengambil kertasnya dan memoles berita tersebut. Woodward langsung menghampiri dan merampas kertas miliknya. Dari sinilah dua wartawan itu berteman dan mencari informasi untuk bukti yang kuat. Setiap hari mereka mencari informasi-informasi lain, menghubungi narasumber, sampai mencari data ke salah satu Perpustakaan di Gedung Putih.
            Kemudian mereka memperlihatkan data tersebut pada Eksekutif Editor Ben Bradlee, tetapi Bradlee tidak menyukai kasus mereka tetntang pencurian di Watergate. Bradlee menyuruh kedua wartawan ini untuk menhentikan kasus ini dan mencari kasus lain. Namun perjuangan kedua wartawan ini tidak sampai disini saja, mereka kembali menyelidiki kasus ini setiap harinya dan menambah narasumber untuk dimintai keterangan. Begitu berat beban yang mereka hadapi belum lagi bahaya yang mengancam keselamatan mereka karena mengangkat kasus serius ini. Woodward diam-diam bertemu dengan Deep Throat untuk lebih banyak pertanyaan, dan pada akhirnya Deep Throat mengungkapkan bahwa Watergate Break-in memang didalangi oleh Haldeman. Ketika Woodward dan Carl Bernstein menyampaikan kasus ini kepada Bradlee, Bradlee mendesak para wartawan ini untuk terus menyelidiki kasus ini meskipun resiko dan Nixon terpilih kembali. Mereka mulai menulis kembali, tetapi bukti yang didapat masih harus dipecahkan agar menjadi fakta yang sejelas-jelasnya. Carl juga membawa bukti yang ia dapat kepada Woodward.
            Pada akhirnya tanggal 20 Agustus 1973 Woodward dan Carl Bernstein mengetikkan cerita lengkap, dengan TV yang menunjukan Nixon mengambil Sumpah, untuk masa jabatan kedua sebagai Presiden Amerika Serikat, di latar depan. Woodward menulis semua semua bukti dari tahun ke-tahun dan terakhir pada tanggal 9 Agustus 1974 Nixon mengundurkan diri. Serta dengan peresmian Gerald Ford menjadi Presiden ke-38 Amerika Serikat.